Menjajal Wahana Rumah Hantu di Taiwan, Seseram Apa? - Kompas.com

Menjajal Wahana Rumah Hantu di Taiwan, Seseram Apa?

Kompas.com - 14/07/2018, 15:00 WIB
Suasana rumah hantu di Janfusun Fancy World, Taiwan Kompas.com/Silvita Agmasari Suasana rumah hantu di Janfusun Fancy World, Taiwan

JAKARTA, KOMPAS.com - Selalu ada wahana yang menantang adrenalin, termasuk wahana rumah hantu di taman bermain. Inilah yang saya jajal di Janfunsun Fancy World di Yunlin, Taiwan, Rabu (11/7/2018).

Sebenarnya saya sama sekali tidak suka masuk wahana rumah hantu. Saya punya pengalaman yang sangat berkesan akan wahana rumah hantu di sebuah pasar malam daerah Serpong, Tangerang.

Dengan latar rumah sakit tua, hantunya bukan mesin, melainkan manusia yang berdandan layaknya hantu. Menakuti sampai level yang cukup ekstrem, mengagetkan dengan besi, dan mengejar para pengunjung sampai lari terbirit-birit. Panitianya berkata ada pengunjung yang sampai kencing di celana saking takutnya.

Sejak saat itu nyali saya ciut masuk wahana rumah hantu. Namun nyali tersebut kembali lagi lantaran masuk wahana rumah hantu di taman bermain Korea Selatan yang justru membuat tertawa terbahak-bahak.

Baca juga: Wahana Rumah Hantu di Seoul yang Membuat Terbahak-bahak

Kali ini di Taiwan saya kembali memberanikan diri, dengan jaminan awal kepada petugas wahana,

"Ini hantunya mesin atau manusia?" tanya saya.

"Oh ini mesin, ada manusianya tetapi tidak memegang pengunjung kok," kata petugas wahana rumah hantu di Janfunsun Fancy World.

Wahana rumah hantu di Janfusun Fancy World, Taiwan Kompas.com/Silvita Agmasari Wahana rumah hantu di Janfusun Fancy World, Taiwan

Konsep rumah hantu ini adalah kereta setan. Di awal, penonton akan disuguhkan video narasi seram mengenai kereta setan. Lantaran saya tidak mengerti bahasa Mandarin, tentu saja video tersebut jadi tidak seram.

Tadinya saya berharap kami benar-benar naik kereta yang berjalan di rel. Ternyata kami diharuskan berjalan kaki. Latarnya terbilang menjanjikan di awal, gelap, dengan musik seram, dan nuansa kereta suram.

Kemudian ada mesin mekanik yang menimbulkan gerakan dan suara yang mengejutkan. Namun lama-kelamaan tidak ada sensasi mengejutkan yang baru. Masuk lebih dalam malah membosankan.

Susananya monoton, dekorasinya tidak ada kebaruan dari awal sampai akhir. 

Di akhir perjalanan, ada petugas yang pura-pura jadi hantu, mengejutkan kami dari balik kerangkeng besi.

Souvenir dari rumah hantu di Janfusun Fancy World, Taiwan Kompas.com/Silvita Agmasari Souvenir dari rumah hantu di Janfusun Fancy World, Taiwan

"Udah selesai ini?" kata salah seorang teman yang ikut masuk.

Saya juga tak percaya karena begitu singkat dan sama sekali tidak ada hal baru atau mengejutkan di kereta setan tersebut.

"Ini sih rumah hantu di Indonesia jauh lebih seram," kata seornag teman lagi.

Saya kembali setuju. Cuma saja perbedaanya wahana rumah hantu di Taiwan terasa lebih bersih tanpa banyak debu dan dilengkapi pendingin ruangan.

Selesai berjalan di wahana rumah hantu, kami diberi minuman 'darah-darahan' yang dikemas dalam kantung darah, terbuat dari jus tomat.

 


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
Komentar

Close Ads X