Kompas.com - 02/09/2018, 11:00 WIB
Mi Kober Malang.

KOMPAS.com / Silvita AgmasariMi Kober Malang.


MALANG, KOMPAS.com - Jangan heran kalau orang lebih banyak mencari iblis dan setan jika ke Kedai Kober mi Setan, Malang, Jawa Timur. Iblis dan setan di kedai mi ini justru mewakili level kepedasan yang diinginkan. Sebaliknya, malaikat menandakan bahwa mi tidak perlu pakai cabai.

"Mi setan itu levelnya satu sampai lima. Level satu mulai 12 cabai, terus kelipatan naik sepuluh atau 15 cabai," kata Supervisor Kober Mi Setan di acara Pucuk Coolinary Festival, Lapangan Rampal, Malang, Jawa Timur, Sabtu (1/9/2018).

Level satu mi setan di Kober mi Setan dimulai dengan 12 cabai, kemudian level dua 25 cabai, level tiga 35 cabai, level empat 45 cabai, dan level lima 60 cabai. Ateng mengatakan jika konsumen minta sampai 100 cabai sekalipun tetap akan dibuatkan.

Mi Kober Malang.KOMPAS.com / Silvita Agmasari Mi Kober Malang.

Mi setan, selain punya nama yang unik juga dibuat dengan sangat baik. mi yang digunakan adalah mi produksi sendiri, sehingga berbeda dengan mi pada umumnya. Teksturnya tebal, kenyal, dan terasa gurih.

"Kami pakai mi produksi sendiri bahannya dari telur bebek, makanya rasanya beda lebih gurih. Selain itu juga kebersihan dan kualitasnya lebih terjamin," kata staf Kober mi Setan, Slamet.

Setelah direbus sekitar satu menit, mi kemudian diangkat dan diaduk sengan minyak dan bumbu rahasia. Kemudian ditaburi bawang goreng, ayam yang diolah khusus sampai mirip abon, dan siomay yang lebih mirip pangsit.

Mi Kober Malang.KOMPAS.com / Silvita Agmasari Mi Kober Malang.

Jika diperhatikan, mi dan aneka toping di Kober mi Setan diolah dengan baik. Bawang goreng yang digunakan berkualitas baik begitu pula dengan abon ayam yang gurih dan bertekstur halus. Ada juga toping sapi yang jika habis digantikan dengan sosis sapi. Cabai yang digunakan juga cabai rawit yang digiling kasar.

Jika mi setan direbus, maka mi iblis adalah versi gorengnya. Dalam satu hari kedai Kober mi Setan dapat menjual sampai 2.000 porsi. Harga satu porsi mi setan dihargai Rp 8.000, belum termasuk pajak restoran 10 persen.

Di Malang sendiri ada satu kedai awal di Jalan Ijen dan cabang di Jalan Soekarno Hatta. Sejak dibuka dari 2011, Kober mi Setan memiliki 17 kedai yang tersebar di Jawa dan Bali. Bagi pencinta pedas jangan lewatkan mi yang diklaim sebagai pelopor mi pedas di Malang ini.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X