Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 20/09/2018, 18:21 WIB
Muhammad Irzal Adiakurnia,
Sri Anindiati Nursastri

Tim Redaksi

TANGGERANG, KOMPAS.com - Penat dengan ibu kota, Anda bisa berwisata agro di tengah hijaunya perkebunan. Misalnya menanam sayur, buah-buahan, hingga bunga matahari.

Di dekat Jakarta ternyata ada satu kebun yang membuka agro wisata dan menggabungkannya dengan teknologi, yaitu Arumdalu Farm.

Kebun aneka sayur, buah, dan bunga seluas 2.500 meter persegi ini berada di Scientia Square Park, Jalan Scientia Boulevard, Curug Sangereng, Kelapa Dua, Curug Sangereng, Klp. Dua, Tangerang, Banten. Waktu tempuhnya sekitar 45 menit dari Jakarta.

Anda bisa belajar bercocok tanam sembari berburu foto yang instagramable, karena tanaman sayur dan bunga tersebut ditata sedemikian cantik dan rapi. Salah satu bunga favorit ialah bunga matahari.

Untuk menuju Arumdalu Farm, Anda perlu masuk kawasan Scientia Square Park terlebih dahulu. Di taman alam seluas lima hektar ini terdapat sawah, rumah kupu-kupu, rumah kelinci, dan taman bermain untuk edukasi dan hiburan anak.

Wisatawan memanen sayuran, di Arumdalu Farm di Scientia Park, Serpong salah satu wisata agro di dekat Jakarta, Selasa (18/9/2018).KOMPAS.COM / MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA Wisatawan memanen sayuran, di Arumdalu Farm di Scientia Park, Serpong salah satu wisata agro di dekat Jakarta, Selasa (18/9/2018).
Tidak jauh dari rumah kupu-kupu, Anda akan melihat dua bangunan kaca unik, dengan halaman ladang sayur mayur. Itulah Arumdalu Farm.

Untuk masuk ke sana Anda tidak perlu membayar tiket masuk lagi, cukup membeli minuman herbal atau hasil panen sayur di dalamnya.

Memasuki halamannya, Anda dipersilahkan memetik sayur yang disuka untuk diolah menjadi salad. Saat KompasTravel berkunjung, tersedia ragam cabai merah dan hijau, terong, bayam, ciplukan, kangkung, kailan, dan jagung.

Untuk bisa memanen, tiap satu wisatawan diharuskan membayar Rp 10.000 untuk satu tampah sayuran. Sebelum memanen, Anda harus melapor pada penjaga agar diberi tahu cara memetiknya. Ternyata teknik memanen tanamannya berbeda-beda.

Wisatawan memanen sayuran, di Arumdalu Farm di Scientia Park, Serpong salah satu wisata agro di dekat Jakarta, Selasa (18/9/2018).KOMPAS.COM / MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA Wisatawan memanen sayuran, di Arumdalu Farm di Scientia Park, Serpong salah satu wisata agro di dekat Jakarta, Selasa (18/9/2018).
"Sebelum masuk ke rumah unik, sebelum ke bunga matahari, sengaja halamannya kita buat panen sayur. Banyak orang yang belum tau bayam gimana pohonnya, kubis gimana, caisim. Mereka jadi bertanya-tanya dan masuk ranah edukasinya kita," kata Albert.

Anda juga bisa berfoto, bak seorang saudagar sayur yang sedang memanen ladangnya.

Setelah itu, Anda dipersilahkan masuk ke Arumdalu Lab dan Arumdalu Resto. Dua bangunan kaca unik ini hanya dibangun selama tujuh minggu, didesain sebagai rumah masa depan yang cocok untuk segala jenis tanah.

Di resto tersebut, Anda bisa memilih dua jenis minuman unik yang terbuat dari herbal alam, yaitu kawisti dan bunga telang. Minuman kawisti berwarna merah, dicampur kapulaga dan kayu manis yang sangat menyegarkan.

Salad hasil memetik langsung di Arumdalu Farm di Scientia Park, Serpong salah satu wisata agro di dekat Jakarta, Selasa (18/9/2018).KOMPAS.COM / MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA Salad hasil memetik langsung di Arumdalu Farm di Scientia Park, Serpong salah satu wisata agro di dekat Jakarta, Selasa (18/9/2018).
"Minuman bunga telang ini kalau dikasih lemon atau nipis warnanya berubah dari biru jadi ungu, dan gak kalah segar," jelas Althea Meidiastri, Chef Arumdalu Resto.

Selesai menyantap salad saus kacang dan minuman herbal, Anda bisa menikmati kebun bunga matahari di belakang resto. Ada ratusan bunga matahari di tengah kebun seluas 1.000 meter persegi.

Bagi Anda yang mau merasakan keseruan panen hingga pesona kebunnya yang instagramable, bisa datang mulai pukul 09.00-21.00 WIB, dengan tiket masuk Scientia Square Park Rp 50.000 di akhir pekan dan Rp 25.000 di hari kerja.

Suasana kebun bunga matahari, di Arumdalu Farm di Scientia Park, Serpong salah satu wisata agro di dekat Jakarta, Selasa (18/9/2018).KOMPAS.COM / MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA Suasana kebun bunga matahari, di Arumdalu Farm di Scientia Park, Serpong salah satu wisata agro di dekat Jakarta, Selasa (18/9/2018).
Pelajar dan mahasiswa bisa menikmati diskon, hanya Rp 5.000 untuk masuk di hari kerja, dengan menunjukan kartu pelajarnya.

Bagi Anda yang mencicipi hidangan olahan perkebunan Arumdalu Farm di Resto Kaum Jakarta, bisa mendapatkan akses gratis masuk ke Scientia Park.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com