Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pulau Sempu Dipromosikan di Bandara Juanda sebagai Destinasi Wisata

Kompas.com - 03/10/2018, 12:08 WIB
Anggita Muslimah Maulidya Prahara Senja,
I Made Asdhiana

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com – Kawasan Pulau Sempu terpampang menjadi salah satu rekomendasi destinasi wisata di sebuah papan informasi wisata Jawa Timur yang ada di Bandara Juanda, Surabaya, Jawa Timur.

Papan informasi wisata ini letaknya ada di dekat counter check-in di Bandara Juanda Surabaya. Dalam papan tersebut penumpang bisa melihat informasi sdestinasi wisata yang bisa dikunjungi di Jawa Timur. 

Pulau Sempu sendiri sebenarnya bukanlah tempat wisata melainkan adalah cagar alam yang dilindungi. Hal tersebut pun diungkapkan oleh Kepala Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Jawa Timur (Jatim), Nandang Prihadi. 

“Terkait promosi wisata di Angkasa Pura tersebut maka BBKSDA Jatim akan bersurat untuk menyampaikan bahwa Sempu bukan tempat wisata tapi cagar alam,” kata Nandang saat dihubungi KompasTravel, Selasa (2/10/2018). 

Pulau Sempu ada di dalam papan informasi wisata di Bandara Juanda Surabaya Pulau Sempu ada di dalam papan informasi wisata di Bandara Juanda Surabaya
Menanggapi hal tersebut, Humas Angkasa Pura 1, Awaludin mengatakan akan melakukan koordinasi dengan Bandara Juanda perihal Pulau Sempu yang terpampang dalam papan informasi wisata.  

Hingga saat ini cagar alam Pulau Sempu pun masih dijaga kelestariannya, sehingga tak semua pengunjung diperbolehkan datang ke kawasan ini. Tentunya hal ini dilakukan karena Pulau Sempu bukanlah lokasi wisata.

“BBKSDA dengan ProFauna lebih banyak menjaga dan menghalau kalau ada yang ingin berkunjung. Yang kami izinkan masuk saat ini dengan SIMAKSI dalam rangka penelitian dari mahasiwa atau universitas saja,” kata dia. 

Namun, bila ingin berkunjung ke kawasan di luar Sempu yang dikelola oleh berbagai pihak masih diperbolehkan. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com