Kompas.com - 03/11/2018, 09:08 WIB


BANYUWANGI, KOMPAS.com - Jika biasanya kita menikmati kopi dengan cara diseduh, hal berbeda dilakukan oleh anggota Karang Taruna Desa Singolatren Kecamatan Singojuruh, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.

Mereka menjadikan biji kopi untuk aksesoris mulai gelang, hingga gantungan kunci. Ide tersebut muncul dari tradisi minum kopi yang sangat kuat di wilayah Banyuwangi dan banyaknya kebun kopi yang menghasilkan biji kopi berkualitas.

"Kebetulan kami juga punya produk kopi Banyuwangi yang dijual mulai dari yang green bean, roasting atau yang sudah digiling. Nah ide tersebut muncul saat kita roasting. Sepertinya menarik kalau dirangkai jadi gelang. Lalu kita coba-coba buat dan ternyata banyak yang minat," kata Hafid Ryan (24), Ketua Karang Karuna Desa Singolatren kepada Kompas.com Kamis (1/11/2018).

Ia kemudian menggandeng kedua rekan perempuannya untuk mendesain dan merangkai biji kopi hingga menjadi gelang, kalung, bross, gantungan kunci hingga tasbih.

Hafid mengaku memilih menggunakan biji kopi jenis arabica untuk membuat gelang, kalung dan bross karena bentuk bijinya lebih kecil.

Sementara untuk tasbih, mereka menggunakan biji Robusta yang lebih besar. Semua kopi yang digunakan mereka adalah kopi asli yang berasal dari Kabupaten Banyuwangi.

Dalam sehari, anggota karangtaruna ini bisa membuat hingga 20 gelang yang dijual secara online dengan nama Bikopin singkatan dari Biji Kopi NisunKOMPAS.COM/Ira Rachmawati Dalam sehari, anggota karangtaruna ini bisa membuat hingga 20 gelang yang dijual secara online dengan nama Bikopin singkatan dari Biji Kopi Nisun

Untuk biji kopi yang digunakan harus di-roasting terlebih dahulu untuk menghasilkan warna yang diinginkan serta untuk mengeluarkan aroma khas kopi.

"Roasting juga nggak sembarangan. Kalau terlalu hitam jadi gosong dan mudah pecah kalau di bor. Tapi kalau terlalu light, ya juga nggak bagus karena keras, warnanya kurang bagus dan aroma kopinya kurang keluar," jelasnya.

Biasanya, Hafid akan memisahkan roasting biji kopi yang untuk aksesoris dengan biji kopi untuk konsumsi.

"Setelah di-roasting baru kita pilah biji kopi untuk aksesoris.Ukurannya harus sama dan kita pilih yang mulus. Baru kemudian dibor," jelas Hafid.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.