Mengenal "Speciality Tea" dan Peluangnya di Indonesia - Kompas.com

Mengenal "Speciality Tea" dan Peluangnya di Indonesia

Kompas.com - 29/11/2018, 16:05 WIB
Petani Kebun Teh Kertowono tengah memetik pucuk daun teh pada suatu pagi, Senin (10/5/2017). Perkebunan Teh Kertowono berdiri sejak tahun 1910.KOMPAS.com / WAHYU ADITYO PRODJO Petani Kebun Teh Kertowono tengah memetik pucuk daun teh pada suatu pagi, Senin (10/5/2017). Perkebunan Teh Kertowono berdiri sejak tahun 1910.

JAKARTA, KOMPAS.com - Masyarakat Indonesia mungkin lebih dikenal dengan speciality coffee.  Sama halnya dengan kopi, industri teh dunia juga mengenal speciality tea alias teh unggulan.

" Speciality tea ini adalah teh yang mendapatkan proses spesial mulai dari penanaman, pemetikan, dan pemoresesan sehingga punya karakteristik teh yang berbeda," jelas Ratna Somantri ditemui di program bincang Distuptive Innovation in Tea Business, SIAl Interfood, JIExpo Kemayoran, Rabu (21/11/2018).

Ratna merupakan seorang konsultan teh, certified tea specialist, tea sommelier, dan penulis buku “Kisah & Khasiat Teh” dan “The Story in A Cup of Tea”, dan salah satu pendiri www.pasarteh.com.

Ratna menyebutkan tren dunia saat ini merujuk kepada speciality tea, meskipun di Indonesia speciality tea masih tergolong baru.

Direktur PT Mitra Kerinci (Liki Tea), Yosdian Adi Pramono menjelaskan pasar specility tea memang terbilang baru di Indonesia. Namun tetap dapat dipelajari dan memiliki peluang bisnis yang besar. 

ilustrasi teh hijauKMNPhoto ilustrasi teh hijau

"Dengan perkembangan tren anak-anak muda sekarang yang suka teh. Saya rasa ini peluang untuk mengedukasi pasar. Khususnya dengan speciality tea," ujar Ratna.

Sebagai pemain industri teh, Yosdian mengatakan saat ini produktivitas teh di Indonesia sedang mengalami penurunan. Namun di sisi lain ada pertumbuhan dalam konsumsi teh, terutama teh kemasan.

Indonesia sudah bukan produsen teh lima besar terbanyak di dunia, karena produksi yang turun dari 170.000 ton per tahun lima tahun lalu, menjadi 130.000 ton per tahun.

Speciality tea menurut Yosdian bukan hanya berpeluang untuk bisnis semata, tetapi untuk memperkenalkan teh Indonesia di internasional.

Ia menyebut tiap daerah di Indonesia, menghasilkan teh yang khas dan jika diproses dengan baik akan menjadi teh unggulan. Sama halnya seperti kopi-kopi unggulan Indonesia yang sudah mendunia.

 


Terkini Lainnya


Close Ads X