SOROT POLITIK

Ketika Jajanan Bakso Naik Kelas dan Masuk Rekor Muri

Kompas.com - 06/03/2019, 08:45 WIB
Semangkuk bakso Dok. Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Maruf AminSemangkuk bakso


KOMPAS.com
- Siapa yang tidak pernah merasakan nikmatnya semangkuk bakso? Di Indonesia, terutama di kota-kota besar, makanan ini dengan mudah dapat ditemukan karena banyak yang menjualnya.

Jajanan berbentuk bulat berbahan dasar daging biasanya disajikan dengan tambahan mi dan soun ini, dikenal semua kalangan dan semua usia. Bakso biasanya dijajakan dengan gerobak, pikulan, maupun kios-kios.

Kini, bakso tidak sekadar dikenal sebagai jajanan pinggir jalan. Bakso juga sudah masuk ke dalam mal-mal mewah dengan ditambahkan cita rasa yang bervariasi.

Tak hanya berbentuk bulat, bakso ada pula yang dibuat dengan berbentuk gepeng, kotak, dan hati.

Untuk lebih memperkenalkan bakso sebagai penganan Indonesia, Paguyuban Pedagang Mi dan Bakso (Papmiso) membuat acara bertajuk “Gebyar Bakso Merah Putih,” pada Minggu (3/3/2019) di Area Deltamas, Cikarang, Jawa Barat.

Baca jugaRekomendasi 5 Kuliner Bakso di Bandung Wajib Dicoba

Gebyar Bakso Merah Putih, mendapatkan rekor dari Museum Rekor Indonesia (MURI) untuk kategori makan bakso terbanyak, yakni 30.000 mangkuk.

Hadir pada Gebyar Bakso Merah Putih, Presiden Joko Widodo didampingi Ibu Negara Iriana. Presiden dan Ibu Negara makan bakso bersama masyarakat Jakarta, Bekasi, Cikarang, dan sekitarnya.

Presiden Joko Widodo didampingi Ibu Negara Iriana menghadiri Gebyar Bakso Merah Putih, pada Minggu (3/3/2019) di Area Deltamas, Cikarang, Jawa Barat. Dok. Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Maruf Amin Presiden Joko Widodo didampingi Ibu Negara Iriana menghadiri Gebyar Bakso Merah Putih, pada Minggu (3/3/2019) di Area Deltamas, Cikarang, Jawa Barat.
"Dari pagi tadi saya belum makan, karena pengin makan bakso bersama Bapak, Ibu, dan saudara-saudara semuanya,” ujar Presiden, seperti dimuat laman presidenri.go.id, Senin (3/5/2019).

Dalam keterangan tertulis yang Kompas.com terima, Rabu (5/3/2019), makan bakso gratis 30.000 mangkuk itu sendiri dibuat sebagai wujud rasa syukur dan bahagia para pedagang bakso atas stabilnya harga daging selama pemerintahan Jokowi.

Harga daging lokal di tingkat pedagang, tercatat tetap bertahan pada kisaran harga Rp 120.000 per kilogram (kg), sejak awal 2017 hingga sekarang.

Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X