Houtong, Desa Mati di Taiwan Kembali Hidup karena Kucing

Kompas.com - 01/04/2019, 18:07 WIB
Desa kucing di Tawain, Houtong. Dok. CNN TravelDesa kucing di Tawain, Houtong.

 JAKARTA, KOMPAS.com - Sebuah desa yang hampir mati di Taiwan kembali ramai karena kucing. Desa tersebut adalah Houtong di kawasan New Taipei City. Pada 1900an, Houtong sempat menjadi kawasan hidup lantaran menjadi situs pertambangan batu bara.

Pada masa jayanya Houtong dihuni 6.000 penduduk dan para pekerja tambang, hingga pada 1990an, baru bara habis dan tambang tidak dapat difungsikan kembali.

Para pemuda Houtong keluar desa untuk mencai pernghidupan yang lebih baik, menyisakan 100 penduduk yang membuat Houtong nyaris seperti desa mati.

Siapa sangka, pada 2010, Houtong kembali hidup dan dikenal sebagai destinasi wisata. Para pecinta kucing dan fotografer berbondong-bondong ke Houtong untuk bertemu kucing-kucing liar di sana.

Usut punya usut, ternyata Houtong memiliki populasi kucing yang tinggi. Banyak kucing liar lucu berkeliaran di Houtong, sampai desa ini punya julukan 'Surganya Kucing'.

Peta jalan kaki untuk wisatawan di Houtong, Taiwan. Dok. CNN Travel Peta jalan kaki untuk wisatawan di Houtong, Taiwan.
Kucing-kucing ini bahkan membantu pemasukan bagi warga lokal. Ada banyak toko dan kafe bertema kucing di Houtong. Pemerintah bahkan merevitalisasi Houtong dan mulai memperkenalkan sejarah desa.

Pada 2010 pemerintah mendirikan taman museum di situs bekas tambang Houtong, pada 2012 diselenggarakan festival lentera kucing, dan pada 2014 pusat informasi dan edukasi kucing dibuka di Houtong,

Di Houtong bahkan ada jalur pejalan kaki dengan tema kucing, menggunakan lempengan besi dengan cetakan layaknya tangan kucing.

Dalam satu tahun diperkirakan ada satu juta orang yang mengunjungi Houtong, Surganya Kucing.

Houtong, desa kucing di Taiwan. Dok. CNN Travel Houtong, desa kucing di Taiwan.
Namun ternyata Houtong mulai mengalami masalah. Warga lokal menyebutkan banyak orang yang membuang hewan peliharaan mereka di sana.

Survei terbaru yang dilakukan New Taipei City Government Animal Protection and Health Inspection Office memperkirakan ada 286 kucing di Houtong, bertambah 50 ekor sejak dua tahun lalu.

Laju pertumbuhan kucing kini diawasi pemerintah begitu pula akan kesehatan kucing yang diperiksa secara berkala.

Bagi yang ingin menuju Houtong saat berkunjung ke Taiwan, dapat menggunakan kereta api dari Stasiun Taipei dengan jalut Yilan Line. Waktu tempuh Taipei ke Huotong sekitar satu jam.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber CNN Travel
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X