10 Sajian Es Khas Indonesia, Jangan Dibaca Sebelum Berbuka Puasa

Kompas.com - 12/05/2019, 16:07 WIB
Es campur dan es teler di Depot Es Talun, Malang, Jawa Timur.Kompas.com/Silvita Agmasari Es campur dan es teler di Depot Es Talun, Malang, Jawa Timur.

JAKARTA, KOMPAS.com - Indonesia dianugerahi oleh sumber daya alam yang luar biasa. Hal ini berujung pada banyaknya olahan makanan dan minuman.

Peneliti pada Pusat Studi Pangan dan Gizi Universitas Gadjah Mada, Murdijati Gardjito
bersama para asistennya menemukan Indonesia punya 3.257 hidangan.

Dari angka tersebut 1.100 terdiri dari kudapan basah serta kering, 150 berupa minuman, 208 hidangan pokok, dan 1.800 lauk pauk basah serta kering.

Di antara minuman tersebut ada ragam es yang melepaskan rasa dahaga. Aneka es ini sering disajikan atau dijual saat Ramadhan, untuk berbuka puasa. Berikut aneka sajian es di Indonesia:

1. Es Campur

Secara umum, campuran isi es campur adalah blewah, rumput laut, kolang-kaling, biji mutiara, potongan agar-agar, tapai singkong, alpukat, nangka, nanas, melon, cincau hitam, dan es batu.

Beda daerah beda pula bahan isi yang digunakan dalam es campur. Di Medan, es campur berisi kacang merah, pacar cina, dan biji delima. Sedangkan, di Jakarta, es campur diberi tambahan daging buah kelapa dan tapai singkong.

2. Es Teler

Minuman es yang berisi serutan alpukat, serutan kelapa muda, potongan nangka, susu kental manis, sirup, dan santan. Es yang dipakai bisa berupa es serut atau es batu. Selain itu, es teler juga bisa divariasikan dengan isi cincau, kolang-kaling, pacar cina, potongan apel, pepaya, sawo, melon, roti, dan agar-agar.

Dengan variasi isian es teler tersebut, terkadang membuatnya menjadi sulit dibedakan dengan es campur.

Es teler Kompas.com/Adhika Pertiwi Es teler

3. Es Cendol dan Es Dawet

Hampir mirip tetapi sebenarnya berbeda. Es dawet berasal dari Jawa Tengah terbuat dari campuran santan, gula merah, dan cendol yang terbuat dari tepung tapioka, tepung beras, dan air perasan daun pandan.

Halaman:



Close Ads X