Hotel di Italia Beri Penginapan Gratis Ketika Turun Hujan

Kompas.com - 20/05/2019, 17:13 WIB
Ilustrasi hotelSHUTTERSTOCK Ilustrasi hotel

KOMPAS.com - Apa jadinya jika hotel berbintang menggratiskan biaya bermalam untuk pengunjung pada saat cuaca tertentu?

Dinas pariwisata Pulau Elba, Italia, memiliki program baru yang disebut "Elba No Rain". Program ini memungkinkan para tamu untuk bermalam di hotel=hotel yang berpartisipasi secara cuma-cuma ketika turun hujan selama bulan Mei.

Jika pembayaran telah dilakukan sebelum hujan, 100 persen biaya tersebut akan dikembalikan ke pengunjung tanpa pemotongan apapun.

"Menginap semalam gratis untuk hari-hari ketika ada curah hujan selama lebih dari dua jam antara pukul 10 pagi dan 8 malam," jelas laman web resmi pariwisata Elba.

Baca juga: Unik, Pria Ini Jadi Penumpang Satu-satunya di Pesawat Menuju Italia

Pengunjung yang ingin menikmati fasilitas gratis itu harus menginap di salah satu daftar penginapan dan losmen lokal yang disetujui, yang berpartisipasi dalam program ini.

Koordinator Pariwisata Pulau Elba, Claudio Della Lucia, mengatakan pemesanan kamar selalu turun lebih dari 20 persen jika ramalan akhir pekan menunjukan kalau akan turun hujan. Hal itulah yang mendasari pengelola mengadakan program ini.

"Inisiatif #ElbaNoRain ingin menjadi jaminan nyata bagi para tamu bahwa dalam kasus yang sangat jarang terjadi sehari (hujan lebat), mereka masih dapat menikmati semua yang ditawarkan pulau tanpa membayar euro untuk akomodasi," ujar Claudio.

Baca juga: Di BIT Italia, Indonesia Bukukan Transaksi Rp 49 Miliar

Program ini merupakan program percobaan untuk bulan Mei guna menarik banyak pengunjung. Kendati, pihak pengelola juga akan mempertimbangkan lanjutan program #ElbaNoRain pada musim gugur.

Pulau Elba terletak di lepas pantai Tuscany, salah satu daerah wisata paling populer di Italia, di Laut Liguria, di sebelah timur Korsika. Sebagian besar pengunjung tiba di sana menggunakan kapal feri dari kota pesisir Piombino.

Pulau ini terkenal akan pantainya yang indah. Namun, pengunjung juga harus mengunjungi Napoleonic Residences dan reruntuhan kuno, tempat kaisar Era Etruscan menetap di pengasingan.




Close Ads X