5 Kuliner Tradisional Wajib Dicoba Saat Jalan-jalan ke Pasar Gede Solo

Kompas.com - 20/05/2019, 20:06 WIB
Pasar Gede di Kota Solo. Kompas.com/Anggara Wikan PrasetyaPasar Gede di Kota Solo.

SOLO, KOMPAS.com - Pasar Gede Harjonagoro atau lebih dikenal dengan sebutan Pasar Gede merupakan salah satu pasar tradisional di Kota Solo, Jawa Tengah.

Pasar ini terletak di Jalan Urip Sumoharjo tepatnya di tengah pusat Pemerintahan Kota Surakarta. Pasar ini dibangun pada tahun 1927 merupakan peninggalan kolonial.

Selain sebagai ikon wisata Kota Solo, Pasar Gede juga menjual beraneka ragam jenis barang. Bahkan, kuliner khas tradisional Solo masih dapat Anda temukan di pasar ini.

Beberapa di antaranya mungkin telah menjadi kuliner legendaris. Apa saja kuliner khas tradisional legendaris yang ada di Pasar Gede.

Es gempol pleret, minuman tradisional khas Solo yang menyegarkan.Kompas.com/Anggara Wikan Prasetya Es gempol pleret, minuman tradisional khas Solo yang menyegarkan.

1. Es Gempol Pleret

Sebelum Anda masuk ke pasar, Anda akan menemukan seorang penjual es gempol pleret di pintu masuk pasar sisi kiri atau dekat penjual oleh-oleh.

Es yang terbuat dari bahan utama tepung beras dan tepung tapioka dicampur kuah santan gula jawa ini harganya hanya Rp 6.000 per porsi.

Jika Anda jalan-jalan ke Solo, es gempol pleret ini wajib Anda coba.

Lenjongan terbuat dari bahan singkong di Pasar Gede Solo, Jawa Tengah.KOMPAS.com/LABIB ZAMANI Lenjongan terbuat dari bahan singkong di Pasar Gede Solo, Jawa Tengah.

2. Lenjongan

Selain es gempol pleret, di Pasar Gede ini juga akan Anda temukan jajanan tradisional lenjongan. Jajanan ini berada di bagian tengah pasar. Salah satunya lenjongan Bu Sum.

Bu Sum sudah puluhan tahun berjualan jajanan tradisional di Pasar Gede. Lenjongan Bu Sum ini dijual dengan harga rata-rata Rp 5.000 per bungkus. Lenjongan dibuat dengan bahan dasar utama singkong.

Brambang asem, jajanan tradisional di Pasar Gede Solo, Jawa Tengah.KOMPAS.com/LABIB ZAMANI Brambang asem, jajanan tradisional di Pasar Gede Solo, Jawa Tengah.

3. Brambang Asem

Brambang asem merupakan kuliner tradisional yang menawarkan cita rasa pedas manis segar. Aroma khas brambang (bawang merah) sangat terasa pada kuliner ini.

Brambang asem terbuat dari bahan tempe gembus bacem dengan campuran sayur ubi jalar ditaburi saus pedas manis yang bumbunya dibuat dari asam, gula jawa, cabai, dan terasi. Sajian kuliner ini dapat Anda nikmati cukup dengan harga Rp 5.000.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X