Mudik Lewat Yogyakarta, Ada Tongseng Bebek Tanpa Micin di Resto Ini...

Kompas.com - 31/05/2019, 04:03 WIB
Tongseng bebek tanpa micin di Restoran Bebek Balap di Jalan Affandi, Karang Gayam, Sleman, Yogyakarta. Kompas.com/SHERLY PUSPITATongseng bebek tanpa micin di Restoran Bebek Balap di Jalan Affandi, Karang Gayam, Sleman, Yogyakarta.

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Siapa yang tak kenal tongseng? Masakan sejenis gulai dengan kuah lebih encer dan bumbu beraroma lebih tajam ini jadi makanan favorit masyarakat Indonesia.

Salah satu hal yang membedakan tongseng dengan gulai adalah dari cara penyajian dagingnya. Tongseng biasanya menggunakan daging sapi atau kambing yang masih melekat pada tulang, terutama tulang iga dan tulang belakang.

Namun pernahkah kamu mencicipi sajian tongseng dengan bahan dasar daging bebek?

Jika kamu berkunjung ke Yogyakarta, ada restoran yang menyajikan menu tongseng bebek. Yang menarik, semua menu di restoran ini dimasak tanpa menggunakan penyedap rasa atau micin.

Bebek Balap, restoran masakan bebek tanpa micin di Yogyakarta.Kompas.com/SHERLY PUSPITA Bebek Balap, restoran masakan bebek tanpa micin di Yogyakarta.

Namanya Restoran Bebek Balap yang terletak di Jalan Affandi, Karang Gayam, Sleman, Yogyakarta.

"Jadi semua masakan di sini tidak menggunakan micin. Ada bebek bakar, bebek goreng, tongseng bebek, dan masakan lainnya yang dimasak tanpa micin, jadi aman dan sehat juga untuk anak-anak," ujar Dian, pemilik Restoran Bebek Balap ketika ditemui Tim Merapah Trans Jawa 4.

Sama seperti tongseng pada umumnya, tongseng bebek memiliki aroma rempah cukup tajam.

Tak hanya membentuk aroma, remapah-rempah juga membuat rasa tongseng bebek sedikit pedas dan menghangatkan tubuh sehingga cocok dinikmati saat cuaca dingin.

Bebek Bakar tanpa micin di Restoran Bebek Balap di Jalan Affandi, Karang Gayam, Sleman, Yogyakarta.Kompas.com/SHERLY PUSPITA Bebek Bakar tanpa micin di Restoran Bebek Balap di Jalan Affandi, Karang Gayam, Sleman, Yogyakarta.

Daging bebek yang menjadi bahan utama tongseng dimasak sempurna sehingga teksturnya sangat lembut dan bumbu merasuk ke dalamnya.

Meski tanpa micin, rasa tongseng bebek ini tak menjadi hambar. Untuk menikmati semangkuk tongseng bebek ini, kamu perlu membayar Rp 25.000.

"Bebek yang dijual di restoran ini kami jamin kualitasnya karena kami memiliki peternakan bebek sendiri di Yogyakarta. Cara pengolahannya juga sangat higenis, sama seperti saat saya menyajikan masakan di rumah saya sendiri," lanjut Dian.

Bagaimana, apa kamu tertarik mencoba?

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X