Agenda Liburan: Festival Titik Temu Belitong di Pulau Belitung

Kompas.com - 31/05/2019, 22:02 WIB
Pantai Gosong Bugis, Belitung.Dok. Dewan Kehutanan Nasional Pantai Gosong Bugis, Belitung.

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Untuk kamu yang suka bertualang, akhir Juni Pulau Belitung bisa jadi destinasi pilihan. Dinas Pariwisata Kabupaten Belitung menyelenggarakan Festival Titik Temu Belitong (TTB) pada 29-30 Juni di Pantai Ujung Seberang, Pantai Gusong Bugis, Kabupaten Belitung.

Nah menariknya TTB  ini ditujukan untuk menggaet wisatawan khususnya milenial untuk bertualang di Belitong.

Penyelenggaraan TTB berada di areal lahan konservasi seluas 757 hektar yang dikelola oleh komunitas Hutan Kemasyarakatan (HKM) binaan Kementerian Kehutanan. Di areal ini akan ditambahkan berbagai anjungan foto yang menarik dan tentunya Instagramable.

Ketua Komunitas HKM Seberang Bersatu, Marwandi menyebutkan sesuai siaran pers yang diterima KompasTravel, bahwa sebauh replika kapal sudah dibuat. Kapal ini  bisa menjadi tempat foto dan juga terdapat restoran.

"Kapal ini kami buat sedemikian rupa sehingga pengunjung bisa leluasa berfoto ria. Apalagi akses menuju replika kapal tersebut menggunakan jembatan kayu seperti layaknya akses untuk tempat wisata hutan bakau atau mangrove,” kata Wandi.

Dicatat ya, karena puncak acara Festival Titik Temu akan diselenggarakan 30 Juni sore dengan pertunjukan tari kolosal yang melibatkan 200 penari bersamaan dengan pemandangan matahari terbenam.

Sehari sebelumnya, tepatnya 29 Juni 2019, acara diawali dengan pesta rakyat.

“Berbagai stan yang melibatkan komunitas dan usaha mikro, kecil, menengah (UMKM) akan menjajakan berbagai jenis kuliner khas Belitong dan suvenir. Juga akan ada makan bareng dengan tradisi bedulang. Pokoknya seru banget,” kata Wandi.

Ia juga mengatakan bahwa para milineal bisa datang lebih awal dengan membuka kemah dan menginap di pinggir pantai.

“Kami akan siapkan sejumlah tenda kemah sewaan yang nyaman dan menikmati udara pagi di pinggir laut,” kata Wandi.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Belitung Hermanto menyebutkan, Pantai Ujung Seberang merupakan tempat wisata baru dan belum banyak diketahui oleh wisatawan. Jadi TTB juga menjadi ajang mengeksplor sudut indah di Belitung. 

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Terkini Lainnya

Close Ads X