Kompas.com - 17/07/2019, 12:37 WIB
Warga menyaksikan fenomena topi awan yang melingkari puncak hingga lereng Gunung Rinjani, di Lombok, NTB, Rabu (17/7/2019. ANTARA/Rosidin/aaWarga menyaksikan fenomena topi awan yang melingkari puncak hingga lereng Gunung Rinjani, di Lombok, NTB, Rabu (17/7/2019.

MATARAM - Gunung Rinjani di Lombok, Nusa Tenggara Barat, terkenal sebagai gunung dengan pemandangan terindah di Indonesia. Terlebih lagi baru-baru ini ada fenomena "topi awan" berwarna putih tebal yang melingkari puncaknya.

Fenomena tersebut terbilang langka, sehingga menjadi obyek foto dan selfie masyarakat sekitarnya.

"Awan putih yang melingkari puncak Gunung Rinjani kali ini, memang benar-benar sempurna," kata Rosidin, salah satu warga Sembalun Lawang di Lombok Timur kepada ANTARA.

Warga menyaksikan fenomena topi awan yang melingkari puncak hingga lereng Gunung Rinjani, di Lombok, NTB, Rabu (17/7/2019. ANTARA/Rosidin/aa Warga menyaksikan fenomena topi awan yang melingkari puncak hingga lereng Gunung Rinjani, di Lombok, NTB, Rabu (17/7/2019.

Rosidin mengabadikan momen tersebut dari rumahnya. Kemudian ia menuju "rest area" Sembalun Lawang yang merupakan lokasi pas untuk mengambil foto Gunung Rinjani secara keseluruhan. Di sana, ternyata sudah banyak warga yang berfoto ria.

Rosidin menuturkan lingkaran awan putih itu berlangsung sejak pukul 07.00 Wita sampai 09.30 Wita.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Bahkan warna dan ketebalannya berganti-ganti," katanya.

Baca juga: Kisah Penemuan Durian Si Gundul di Kaki Gunung Rinjani

Hal senada dikatakan Nur Saat, warga Desa Senaru, Lombok Utara yang juga melihat fenomena alam itu. Biasanya "topi awan" tersebut sering terbentuk namun bentuknya tidak sempurna dan tidak berlangsung lama.

"Saya semula dikirim foto saja, tapi setelah dilihat memang benar-benar sempurna bentuknya. Banyak yang swafoto melihat fenomena awan itu," katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber Antara
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Video Pilihan

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.