Catat, Tempat Melihat Gerhana Matahari Cincin di Tanjung Pinang

Kompas.com - 05/12/2019, 06:55 WIB
Gerhana Matahari cincin. NASAGerhana Matahari cincin.

JAKARTA, KOMPAS.com — Lembaga Observasi Bosscha, Institut Teknologi Bandung, dan Pemerintah Kota Tanjung Pinang siap menggelar Festival Gerhana Matahari Cincin pada 26 Desember 2019.

Festival akan dilaksanakan di Laman Boenda (Aula Gonggong), Tanjung Pinang, mulai pukul 10.00–14.00 WIB.

Festival ini diadakan bertepatan dengan adanya fenomena gerhana matahari cincin yang akan bisa diamati dari beberapa wilayah di Indonesia.

"(Pemilihan) Gonggong karena lokasinya strategis untuk pengamatan. Bosscha juga akan ada teropong pengamatannya,” ujar Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Tanjung Pinang Suryadi kala ditemui Kompas.com pada Senin (25/11/2019).

Baca juga: Wisman Terkesan Keindahan Gerhana Matahari Total di Luwuk

Acara gratis ini menyediakan beragam aktivitas, mulai dari pengamatan gerhana matahari, bazar suvenir dan makanan, workshop, hingga seni budaya Randai.

Selain di Gedung Gonggong, rencananya pengamatan gerhana matahari cincin juga akan dilakukan di Pulau Penyengat yang terletak tak jauh dari Tanjung Pinang.

Namun, karena beberapa masalah terkait pengangkutan alat pengamatan, rencana tersebut belum bisa dipastikan.

"Awalnya kami ingin di Pulau Penyengat juga diadakan. Di Balai Desa ini pasti akan bagus," kata Konsultan Pariwisata Wiwien Tribuwani saat ditemui Kompas.com.

"Tapi kendala membawa teropong menggunakan kapal pompong agak berbahaya juga," lanjutnya.

Baca juga: Gerhana Matahari Total, Momentum Bangun Kelanjutan Pariwisata

Alasan lain mengapa Pulau Penyengat bisa jadi opsi tempat melihat gerhana matahari cincin karena pulau ini salah satu asal berkembangnya ilmu Falak atau ilmu astrologi dalam kebudayaan Melayu.

Raja Ahmad yang menulis buku syair soal ilmu Falak mengembangkan ilmu tersebut di Pulau Penyengat.

Selain itu, dalam sejarah, Raja Ahmad dan kitabnya yang berkedudukan di Pulau Penyengat juga punya peran penting dalam memprediksi adanya gerhana matahari cincin yang terjadi ratusan tahun lalu.

Nah, selain di Tanjung Pinang, gerhana matahari cincin ini juga bisa diamati di beberapa wilayah di Indonesia, seperti di Siak, Padang Sidempuan, Sibolga, dan sebagian wilayah Kalimantan Barat seperti Singkawang.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X