Pengunjung Kebun Binatang Ragunan Diprediksi Meningkat Drastis Jelang Tahun Baru

Kompas.com - 28/12/2019, 14:54 WIB
Sejumlah wisatawan mengamati gajah sumatra (Elephas maximus sumatranus) di Taman Margasatwa Ragunan (TMR), Jakarta Selatan, Kamis (6/6/2019). Pengelola kebun binatang tersebut memprediksi jumlah pengunjung selama masa libur Lebaran 2019 mencapai 50.000-70.000 wisatawan setiap hari. ANTARA FOTO/ADITYA PRADANA PUTRASejumlah wisatawan mengamati gajah sumatra (Elephas maximus sumatranus) di Taman Margasatwa Ragunan (TMR), Jakarta Selatan, Kamis (6/6/2019). Pengelola kebun binatang tersebut memprediksi jumlah pengunjung selama masa libur Lebaran 2019 mencapai 50.000-70.000 wisatawan setiap hari.

JAKARTA, KOMPAS.com - Menjelang akhir tahun, masyarakat kerap menghabiskan waktu mereka untuk berkunjung ke tempat wisata yang tersebar di Indonesia. Tidak heran jika banyak tempat wisata yang ramai pengunjung.

Taman Margasatwa Ragunan atau kerap disebut Kebun Binatang Ragunan, salah satu tempat wisata paling populer di Jakarta, juga terkena imbas libur akhir tahun.

Berdasarkan data yang Kompas.com terima dari Unit Pengelola Taman Margasatwa Ragunan, jumlah pengunjung Ragunan dari 1 Januari - 19 Desember 2019 kemarin terhitung mencapai 5.121.109 orang.

Sementara untuk jumlah pengunjung pada Desember 2019 sudah mencapai 235.900 dengan pembagian jumlah untuk kategori dewasa, anak, rombongan dewasa, dan rombongan anak.

Untuk dewasa sendiri, pengunjung tercatat sebanyak 171.505 orang, sementara anak, tercatat 57.811 orang, rombongan dewasa 1.082 orang, dan rombongan anak ada 5.502 orang.

Baca juga: Hewan Favorit Pengunjung Kebun Binatang Ragunan

Menanggapi hal tersebut, Staf Pelayanan Informasi Wahyudi Bambang yang akrab disapa Bambang, mengatakan bahwa Ragunan memiliki ekspektasi terhadap kenaikan pengunjung di akhir tahun.

“Kemungkinan pengunjung akan meningkat sekitar dua hingga tiga kali lipat (dari data terakhir di tanggal 19 Desember 2019) mulai dari hari Sabtu (28/12) hingga tahun baru nanti tanggal 1 Januari 2020. Kemungkinan akan sangat melonjak kenaikannya,” kata Bambang di Kebun Binatang Ragunan, Jakarta, Jumat (27/12/2019).

Tim dokter hewan Ragunan disebutkan Bambang akan berjaga untuk mencegah hewan stres karena banyak pengunjung. 

Harimau Sumatera terlihat di Kebun Binatang Ragunan, Jakarta Timur, Rabu (20/3/2019). Harimau diberi makan daging ayam.KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG Harimau Sumatera terlihat di Kebun Binatang Ragunan, Jakarta Timur, Rabu (20/3/2019). Harimau diberi makan daging ayam.

Tim dokter hewan tersebut tanggap melihat hewan dengan gerak-gerik yang menunjukkan kalau mereka stres. Namun ia mengatakan kejadian seperti itu terhitung sangat jarang terjadi.

Sebab, hewan-hewan di Ragunan terlatih membiasakan diri dengan keramaian. Tidak hanya itu, kebun binatang tersebut juga memiliki satu hari yang dinamakan “Hari Libur Satwa”.

Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X