Hewan Favorit Pengunjung Kebun Binatang Ragunan

Kompas.com - 28/12/2019, 13:08 WIB
Pengunjung mengamati Gajah Sumatera (Elephas maximus sumatranus) saat berlibur di Taman Margasatwa Ragunan, Jakarta Selatan, Kamis (26/12/2019). Liburan Natal dan Tahun Baru 2019/20 dimanfaatkan sebagaian masyarakat untuk berkunjung ke sejumlah tempat wisata. KOMPAS.com/M LUKMAN PABRIYANTOPengunjung mengamati Gajah Sumatera (Elephas maximus sumatranus) saat berlibur di Taman Margasatwa Ragunan, Jakarta Selatan, Kamis (26/12/2019). Liburan Natal dan Tahun Baru 2019/20 dimanfaatkan sebagaian masyarakat untuk berkunjung ke sejumlah tempat wisata.

JAKARTA, KOMPAS.com - Libur akhir tahun dimanfaatkan oleh masyarakat untuk berkunjung ke tempat wisata. Di Jakarta, tempat wisata yang ramai pengunjung saat musim libur adalah Kebun Binatang Ragunan.

Baca juga: Jalan-jalan ke Ragunan, Sempatkan Waktu Mengunjungi Taman Makam Satwa

Biasanya, pengunjung kebun binatang yang ramai dengan wisatawan keluarga punya hewan favorit masing-masing. 

“Penangkaran gorilla paling favorit. Kemudian ada penangkaran gajah. (Penangkaran) jerapah juga sangat ramai. Biasanya orang Indonesia (yang berkunjung ke Kebun Binatang Ragunan) lebih senang melihat hewan yang besar,” kata Staf Pelayanan Informasi, Wahyudi Bambang yang akrab disapa Bambang, ketika ditemui Kompas.com di Kebun Binatang Ragunan, Jakarta, Jumat (27/12/2019).

Berbeda dengan para wisatawan asing, mereka cenderung lebih senang melihat hewan-hewan unik seperti komodo. Sementara wisatawan lokal terlihat kurang tertarik dengan komodo.

Baca juga: Sejarah Panjang Kebun Binatang Ragunan

Bambang mengatakan bahwa hal tersebut mungkin karena komodo terlihat seperti hewan yang biasa orang Indonesia lihat di kehidupan sehari-hari seperti kadal dan biawak.

Menurut Bambang, penangkaran komodo dan orangutan cenderung lebih sering diramaikan oleh wisatawan asing ketimbang wisatawan lokal.

Pengasuh hewan saat memberikan makan Gorila di Kebun Binatang Ragunan, Jakarta Timur, Rabu (20/3/2019). Makanan yang diberikan adalah jenis buah-buahan dan sayuran.KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG Pengasuh hewan saat memberikan makan Gorila di Kebun Binatang Ragunan, Jakarta Timur, Rabu (20/3/2019). Makanan yang diberikan adalah jenis buah-buahan dan sayuran.

“Biasanya wisatawan lokal lebih memilih berkunjung ke penangkaran hewan besar karena (hal tersebut) akan memudahkan untuk selfie. Hewannya pasti kelihatan, berbeda dengan hewan kecil. Makanya kurang diminati,” kata Bambang.

Dengan demikian, maka tidak heran jika terdapat beberapa penangkaran hewan yang terlihat sepi pengunjung.

Bambang mengatakan bahwa dari pihak kebun binatang sendiri sebenarnya sudah ada upaya untuk mengajak pengunjung melihat penangkaran hewan lain yang masih sepi.

Salah satunya adalah dengan mengadakan atraksi pemberian makanan. Akan tetapi, hal tersebut ternyata masih kurang untuk menarik minat pengunjung.

Baca juga: 10 Ide Libur Natal Tahun Baru Anti Mainstream di Jakarta

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X