Tips Masak Barbeque Khas Amerika Serikat

Kompas.com - 29/12/2019, 20:09 WIB
Kumpulan daging dan bahan-bahan lainnya seperti paprika, dan cabai tengah dipanggang dengan cara barbekyu di Hotel Wyndham Casablanca Jakarta, Jumat (20/12/2019). Nicholas Ryan AdityaKumpulan daging dan bahan-bahan lainnya seperti paprika, dan cabai tengah dipanggang dengan cara barbekyu di Hotel Wyndham Casablanca Jakarta, Jumat (20/12/2019).


JAKARTA, KOMPAS.com - Jelang tahun baru biasanya penuh dengan pesta barbeque. Namun perlu diingat bahwa teknik barbeque berbeda dengan grill. Barbeque membutuhkan proses yang lama, berbeda dengan teknik grill.

Director of Culinary Hotel Wyndham Casablanca Jakarta, Chef Deden Gumilar mengatakan ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika hendak memanggang ala barbeque.

"Perlu diingat sekali lagi, barbeque beda dengan grill, jadi kunci pertama adalah sabar, karena waktunya lama, namanya juga barbeque," kata Chef Deden kepada Kompas.com, Jumat (20/12/2019).

Berikut tips memanggang barbeque khas Amerika menurut Chef Deden Gumilar:

Chef Deden dan Chef Moko sedang melakukan pemanggangan dalam teknik barbekyu di Hotel Wyndham Casablanca Jakarta, Jumat (20/12/2019).Nicholas Ryan Aditya Chef Deden dan Chef Moko sedang melakukan pemanggangan dalam teknik barbekyu di Hotel Wyndham Casablanca Jakarta, Jumat (20/12/2019).

1. Tidak dibolak-balik, panaskan dengan terukur dan konstan

Tips pertama barbeque adalah tidak membolak-balik daging. Menurut Chef Deden teknik membolak-balik biasa dilakukan untuk grill, bukan barbekyu.

"Jadi dibiarin aja gitu diantepin, prosesnya dengan panas terukur dan konstan," katanya.

Jika daging mengenai api secara langsung, kata Chef Deden bukan merupakan teknik barbeque. Karena hal tersebut akan membuat daging cepat matang. Oleh karena itu memanggang ala barbeque juga dibutuhkan kesabaran.

Racikan bumbu-bumbu yang dicampurkan dalam teknik memanggang barbekyu.Nicholas Ryan Aditya Racikan bumbu-bumbu yang dicampurkan dalam teknik memanggang barbekyu.

2. Racikan bumbu yang utama

Tidak bisa dipungkiri, semua makanan tidak bisa lepas dari racikan bumbu yang pas, termasuk barbeque.

"Kalau mau tuh biasanya rajin-rajin diolesin gitu bumbunya," ujar Deden.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X