Festival Legu Gam di Ternate Ditunda

Kompas.com - 21/03/2020, 15:00 WIB
Para peserta kirab budaya bersiap-siap di lapangan Ngara Lamo, Ternate, Maluku Utara, Senin (14/4/2014). Kirab tersebut merupakan bagian dari Festival Legu Gam ke-13 yang berlangsung hingga 26 April. Festival menampilkan berbagai kegiatan lainnya seperti fashion street dan jelajah Samudera Kie Raha, yang sekaligus menjadi perayaan hari ulang tahun ke-79 Sultan Ternate. KOMPAS IMAGES/RODERICK ADRIAN MOZESPara peserta kirab budaya bersiap-siap di lapangan Ngara Lamo, Ternate, Maluku Utara, Senin (14/4/2014). Kirab tersebut merupakan bagian dari Festival Legu Gam ke-13 yang berlangsung hingga 26 April. Festival menampilkan berbagai kegiatan lainnya seperti fashion street dan jelajah Samudera Kie Raha, yang sekaligus menjadi perayaan hari ulang tahun ke-79 Sultan Ternate.

TERNATE, KOMPAS.com- Pelaksanaan Festival Legu Gam 2020 di Ternate, Maluku Utara, ditunda.

Pemerintah menganjurkan penangguhan kegiatan yang melibatkan banyak orang guna meminimalkan risiko penularan virus corona penyebab COVID-19.

Baca juga: Kebun Cengkeh Gambesi, Primadona Baru Wisata Alam Ternate

Festival ini semula direncanakan berlangsung 25 Maret 2020 di Ternate. Sebagai gantinya, ritual adat dan doa bersama perangkat bobato akan dilaksanakan di Keraton Kesultanan Ternate.

"Untuk rangkaian kegiatan Festival Legu Gam di Keraton Kesultanan Ternate tanpa melibatkan orang banyak," kata Ketua Bidang Protokol dan Humas Panitia Festival Legu Gam Moloku Kie Raha Tahun 2020 Abdul Gani Lating di Ternate, Sabtu (21/3/2020) kepada Antara.

Tarian daerah ditampilkan dalam pembukaan Festival Legu Gam ke-13 di Ngara Lamo, Ternate, Maluku Utara, 13 April 2014. Festival berlangsung hingga 26 April dan menampilkan kegiatan budaya seperti kirab, fashion street, jelajah Samudera Kie Raha, sekaligus menjadi perayaan hari ulang tahun ke-79 Sultan Ternate.KOMPAS IMAGES / RODERICK ADRIAN MOZES Tarian daerah ditampilkan dalam pembukaan Festival Legu Gam ke-13 di Ngara Lamo, Ternate, Maluku Utara, 13 April 2014. Festival berlangsung hingga 26 April dan menampilkan kegiatan budaya seperti kirab, fashion street, jelajah Samudera Kie Raha, sekaligus menjadi perayaan hari ulang tahun ke-79 Sultan Ternate.

Panitia berencana menggelar acara pembukaan Festival Legu Gam pada 1 April 2020 karena pemerintah menetapkan masa tanggap darurat wabah COVID-19 berlangsung sampai 31 Maret 2020.

Festival Legu Gam yang setiap tahun digelar Kesultanan Ternate merupakan pesta rakyat untuk merayakan hari lahir Sultan Ternate Mudjafar Sjah.

Sejak tahun 2006, festival itu masuk dalam kalender kegiatan wisata tahunan Kementerian Pariwisata.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Sumber Antara
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X