Serviced Residence, Akomodasi Alternatif Saat Libur Panjang dengan Keluarga

Kompas.com - 06/01/2021, 10:25 WIB
Kamar tidur di unit serviced residence Ascott Indonesia Dok. Ascott IndonesiaKamar tidur di unit serviced residence Ascott Indonesia


KOMPAS.com – Serviced residence atau sering juga disebut apartemen servis adalah salah satu jenis akomodasi berbentuk unit apartemen dengan fasilitas dan layanan lengkap layaknya hotel yang bisa disewa harian, bulanan, hingga tahunan.

Layanan dan fasilitas yang tersedia sama seperti yang bisa dinikmati di hotel pada umumnya. Mulai dari room service, housekeeping, laundry dan dry-cleaning, akses WiFi, dan masih banyak lagi.

Serviced residence biasanya punya ukuran kamar yang lebih luas daripada kamar hotel. Selain itu, perabot yang tersedia di dalamnya pun lebih lengkap.

Beberapa perabot yang tersedia di antaranya kompor elektrik, microwave, kulkas, ketel elektrik, juga alat makan seperti piring, mangkuk, sendok, garpu, dan gelas. Beberapa jenis serviced residence bahkan menyediakan fasilitas mesin cuci.

Baca juga: Hotel Berkonsep Apartemen, Tren Baru Pilihan Menginap Saat Pandemi

Karena berkonsep layaknya apartemen, serviced residence biasanya memiliki ruang makan, ruang tamu, serta kamar tidur terpisah.

Serviced residence sering jadi alternatif akomodasi khususnya untuk tamu yang bepergian bersama keluarga dan/atau dalam jangka waktu yang lama karena dianggap lebih efisien.

“Dari segi harga, jika Anda bepergian bersama keluarga, tinggal di serviced residence biasanya lebih terjangkau karena Anda hanya perlu memesan satu unit apartemen dengan tipe satu, dua, atau tiga kamar tidur,” kata Director of Sales & Marketing Ascott Indonesia Christian Lo pada Kompas.com, Senin (4/1/2021).

Ruang tamu dan meja kerja di unit serviced residence Ascott IndonesiaDok. Ascott Indonesia Ruang tamu dan meja kerja di unit serviced residence Ascott Indonesia

Sementara jika menginap di hotel, tamu perlu memesan dua hingga tiga kamar sekaligus dengan harga yang bisa jadi lebih mahal.

Tak hanya fasilitas dan layanan dalam kamar, serviced residence juga biasanya menyediakan fasilitas publik yang bisa diakses secara bebas. Seperti gym, ruang sauna dan steam, kolam renang, lapangan tenis, dan ruang bermain anak-anak.

Baca juga: Tren Baru Saat Pandemi: Work From Hotel dan Apartemen

“Penghuni juga akan mendapatkan fasilitas kebersihan kamar atau layanan housekeeping setiap hari,” tambah Christian.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X