Kompas.com - 04/01/2021, 20:08 WIB
Kolam Renang Rooftop di Soko Langit Wonogiri. Kompas.com/Anggara Wikan PrasetyaKolam Renang Rooftop di Soko Langit Wonogiri.


KOMPAS.com – Bupati Kabupaten Wonogiri Joko Sutopo memutuskan memperpanjang penutupan sementara tempat wisata yang ada di wilayah Kabupaten Wonogiri.

Hal tersebut tertera dalam Surat Edaran (SE) Nomor: 443.2/001 tentang Perpanjangan Penutupan Sementara Objek Wisata di Wilayah Kabupaten Wonogiri.

Tertera dalam SE tersebut, obyek wisata di wilayah Kabupaten Wonogiri akan diperpanjang penutupannya mulai tanggal 4 – 17 Januari 2021.

“Setelah kami satuan gugus tugas (Satgas) melakukan pencermatan terhadap statistik epidemologi kami, ternyata trennya masih cukup mengkhawatirkan. Akhirnya kebijakan pemerintah memperpanjang penutupan ruang-ruang publik,” kata Joko ketika dihubungi Kompas.com, Senin (4/1/2021).

Baca juga: Penutupan Tempat Wisata Wonogiri Saat Libur Nataru Masih Belum Pasti

Selain tempat wisata, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wonogiri juga menutup tempat-tempat yang biasanya dijadikan pusat berkumpul orang banyak, misalnya alun-alun.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Perpanjangan penutupan

Awalnya, Pemkab Wonogiri menutup tempat wisata pada fase pertama dalam rangka menyambut libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2021. Penutupan pertama tersebut berlangsung hingga tanggal 4 Januari 2021.

“Hari ini kan tanggal 4 (Januari 2021), kami koreksi. Ternyata status penularan kami masih cukup tinggi. Hari ini masih ada 51 (kasus positif), jadi ini kita perpanjang,” terang pria yang akrab disapa Jekek itu.

Waduk Gajah Mungkur Wonogiri.KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Waduk Gajah Mungkur Wonogiri.

Meski pada SE tertera penutupan akan dilakukan hingga tanggal 17 Januari 2021, ia menyebut ada kemungkinan bahwa penutupan akan kembali diperpanjang.

Semua itu bergantung pada situasi dan kondisi penyebaran pandemi Covid-19 yang ada di Kabupaten Wonogiri.

Baca juga: Waduk Tandon Wonogiri Surut, Padang Rumputnya Ramai Dikunjungi Warga

Jika status kasus positif Covid-19 di Kabupaten Wonogiri sudah cukup melandai, ada kemungkinan penutupan akan dievaluasi kembali.

Namun, jika tren kasus setelah tanggal 17 Januari 2021 masih cukup mengkhawatirkan, Pemkab Wonogiri akan kembali mengeluarkan SE susulan perihal perpanjangan penutupan tempat wisata.

“Kalau kami sudah masuk zona kuning, baru kami akan ambil kebijakan baru. Kalau ini kan zonanya masih merah dengan risiko tinggi,” imbuh Jekek.



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X