Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menghadirkan Eropa di Jakarta

Kompas.com - 07/02/2011, 09:05 WIB

Oleh: Neli Triana dan Pingkan Elida Dundu

AKHIR pekan ini, cobalah membebaskan lidah berseluncur menikmati hidangan ala Eropa. Makanan ala Barat yang dicap hambar bisa jadi terbukti hanya isu.

Racikan hidangan berbumbu kaya rasa dan cukup menggigit, potongan daging dan ikan berukuran besar, serta penyajiannya yang apik bisa membuat terlena. Semakin lengkap disantap dengan roti dan kentang

Hema Resto cukup kondang sebagai restoran yang menghadirkan makanan dan suasana ala Belanda. Hema itu singkatan dari halal, enak, murah, dan artistik. Resto yang dibuka sekitar 11 tahun lalu ini sekarang telah berkembang dan memiliki delapan cabang. Selain resto pertama di Kemang Pratama, Bekasi, Jawa Barat, yang sekaligus menjadi kantor pusat, Hema juga hadir, antara lain, di Kedutaan Besar Belanda di Rasuna Said, Tebet, Kebayoran Baru, Cikini, dan Bandung.

Pekan lalu, kesempatan untuk mencicipi hidangan ala Hema Resto akhirnya terwujud, tepatnya di cabang Menteng Huis, Cikini, Jakarta Pusat.

Meski tergolong mungil, bagian dalam resto ini ternyata terasa lega. Di bagian depan ada sofa empuk dan meja mirip ruang tamu keluarga. Bagian dalam terbagi menjadi sedikitnya empat ruang. Masing-masing ruang punya nama sendiri layaknya kota-kota di Belanda, seperti Amsterdam dan Den Haag. Pernik-pernik kecil, seperti kincir angin, hiasan keramik, dan perapian, apik tertata di setiap dinding dan sudut resto ini.

Sebagai negara yang terkenal juga dengan bunga tulipnya, replika bunga ini, yang terbuat dari plastik, juga ditemukan tersebar di semua penjuru ruangan.

”Kami hadirkan makanan Belanda dan suasana khas Negeri Kincir Angin itu. Yang datang ke resto kami tidak sekadar bersantap, tetapi juga berwisata,” kata Rusnadi Heryanto, Manajer Pemasaran dan Promosi Hema Resto.

Soal makanan, menurut Rusnadi, sekitar 30 persen dari semua menu yang ada adalah hidangan ala Negeri Tulip. Huzaren Slaa dan Ardapel cocok disantap untuk membangkitkan selera. Ardapel merupakan makanan pembuka berupa kentang dan telur dilengkapi Holland Mayonaise.

Sebagai makanan utama, tersedia stampot, hutspot, uitsmijter, macaroni schotel, dan kippen borst. Kalau mau sosis besar, coba saja stampot. Bagi penggemar daging sapi, bisa dipilih hutspot. Sedangkan untuk tamu yang hanya ingin snack, ada bitter ballen, kroket, belgian fries, dan risolles. Ditemani Holland Tea atau secangkir Java Coffee, acara nongkrong bersama teman, keluarga, atau pacar dijamin menyenangkan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com