Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapal Pesiar Belanda Singgahi Makassar

Kompas.com - 03/03/2011, 18:36 WIB

MAKASSAR, KOMPAS.com - Kapal Pesiar MV Artemis asal Belanda yang membawa lebih 1.000 penumpang sandar di Pelabuhan Soekarno-Hatta, Makassar. "Kapal pesiar ini membawa sekitar 500 turis asing dari berbagai negara dan 569 orang anak buah kapal," kata salah seorang wisman, Hendrick Paul di Makassar, Kamis (3/3/2011).

Kapal pesiar yang dinakhodai kapten David Williams itu, sandar di Makassar sekitar pukul 12.00 WITA, dan langsung mengunjungi sejumlah tempat wisata di Kota Makassar dan Kabupaten Gowa, Sulsel.

Tempat wisata yang menjadi tujuan wisman tersebut di antaranya Benteng Rotterdam dan Pelabuhan Paotere di Kota Makassar, serta Istana Ballalompoa di Kabupaten Gowa.

Kehadiran wisman di kota berjuluk "Anging Mammiri" ini disambut dengan tarian tradisional di pelabuhan sebagai tanda penghormatan kepada tamu, sebelum mengunjungi sejumlah objek wisata.

"Mereka juga menukar uang sebelum ke luar dari Pelabuhan Soekarno-Hatta dengan rata-rata nilai penukaran di atas Rp 5 juta per orang," kata salah seorang petugas money changer di Pelabuhan Soekarno-Hatta, Makassar, Rismawati.

Setelah mengunjungi sejumlah objek wisata di daerah ini, kapal pesiar yang membawa wisman dari berbagai negara itu melanjutkan perjalanan ke Semarang, Jateng, pada pukul 17.00 WITA.

MV Artemis yang membawa lebih dari 1.000 orang penumpang, sebelum sandar di Makassar terlebih dahulu singgah di Benoa, Bali.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com