Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gagal, Desa Mandiri Energi di Grobogan

Kompas.com - 07/03/2011, 16:11 WIB

GROBOGAN, KOMPAS.com — Rencana Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menjadikan Desa Tanjungharjo, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah, sebagai Desa Mandiri Energi sejak Februari 2007 ternyata gagal.

Kepala Desa Tanjunghardjo, Kecamatan Ngaringan, Sugiyono, Senin (7/3/2011), mengatakan, kegagalan mewujudkan Desa Mandiri Energi itu terjadi setelah pabrik pengolah minyak jarak yang dibangun tidak pernah berproduksi atau mengolah biji tanaman jarak.

Pabrik pengolah biji jarak seluas dua hektar di Desa Tanjungharjo itu kini mangkrak sejak dikunjungi Presiden beberapa tahun silam. "Pabrik yang dibangun oleh PT Enhil itu malah kini menunggak pajak bumi dan bangunan senilai Rp 700.000, yang pihak desa bingung mau menagihnya ke mana?" ujar Sugiyono.

Dampak dari gagalnya mewujudkan Desa Mandiri Energi juga menyebabkan puluhan kompor minyak jarak yang diterima warga tidak berfungsi. Kebun tanaman jarak yang pernah dikelola oleh petani di Tanjungharjo, luasnya pernah mencapai 45 hektar, kini sudah tidak tampak bekasnya.

Banyak petani beramai-ramai membabat tanaman jarak sejak 2009, setelah harga biji jarak basah jatuh di kisaran Rp 600 per kilogram. Ketika harga jarak jatuh, pembeli yang adalah petugas dari bantuan PT Pertamina juga kabur dan tidak lagi mendatangi rumah para ketua kelompok tani tanaman jarak di Ngaringan, Kabupaten Grobogan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com