Jumat, 19 September 2014

News / Travel

Tips Wisata ke Green Canyon Pangandaran

Senin, 17 Oktober 2011 | 12:09 WIB

Berita Terkait

KOMPAS.com – Green Canyon terletak di Desa Kertayasa, Kecamatan Cijulang, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Dari kota Ciamis berjarak sekitar 130 kilometer atau jika dari Pangandaran berjarak sekitar 31 km.

Wisata alam Green Canyon ini paling digandrungi oleh wisatawan penggila trekking, kano, ataupun wisata yang menantang adrenalin. Dinamakan Green Canyon karena ibarat inilah Green Canyon Indonesia.

Memang bentuknya mirip dengan Green Canyon Amerika, begitu dikatakan oleh para warga setempat. Itulah asal mula kenapa tempat ini disebut Green Canyon.

Bisa jadi Anda tertantang berenang melawan arus deras Sungai Cijulang serta meloncat dari ketinggian sekitar 6-7 meter di atas permukaan sungai. Tetapi perhatikan arahan instruktur yang sudah berepengalaman. Berikut tips sebelum Anda berangkat ke sana.

Pertama, Bila memutuskan untuk datang ke Green Canyon, Anda harus siap menempuh perjalanan yang cukup jauh yaitu dengan waktu tempuh 8 jam dari Jakarta. Bagi yang menggunakan mobil pribadi sebaiknya ada orang yang bisa bergantian menyetir.

Berangkatlah pada malam hari terutama jika Anda menggunakan transportasi umum. Dengan menggunakan transportasi umum, Anda bisa berangkat dari Terminal Pangandaran menuju angkutan pedesaan jurusan terminal Cijulang dengan ongkos yang relatif murah.

Sewalah kendaraan umum jika Anda datang dalam rombongan. Harga sewanya lebih mahal karena itu sewa jika Anda datang dalam jumlah banyak.

Kedua, Green Canyon sebaiknya dikunjungi pada musim kemarau. Pada musim penghujan biasanya air Sungai Cijulang yang berada di Green Canyon warnanya menjadi keruh kecoklatan.

Namun bila pada musim kemarau, warna airnya hijau dan lebih tenang. Sangat cantik menjadi obyek untuk difoto.

Ketiga, Jika Anda ingin mencoba untuk mengarungi arus deras sungai menuju hilir dan meloncat dari ketinggian tebing di Green Canyon, siapkan tenaga Anda. Jangan lupa mengenakan pakaian renang.

Body rafting dikenakan biaya Rp 30.000 - hingga Rp 40.000. Tentu saja jika Anda cukup bernyali. Anda perlu mempersiapkan pakaian ganti setelah body rafting tersebut. Keempat, Untuk penginapan, disarankan untuk mencari penginapan di Pantai Pangandaran. Karena selain lebih banyak pilihan, harga yang disediakan lebih bervariasi daripada di Green Canyon.

Sebisa mungkin cari sendiri penginapan dengan langsung datang ke pemilik hotel atau penginapan. Anda bisa saja menggunakan jasa tukang ojek atau tukang becak untuk mencarikan penginapan, namun harganya menjadi lebih mahal.

Kelima, Bawalah kamera anti air karena berwisata di Green Canyon sangat berhubungan dengan air. Kalau tidak ada, usahakan Anda berhati-hati dengan barang bawaan Anda seperti kamera dan handphone, jangan sampai terjatuh.

Keenam, Jangan lupa membawa makanan dan minuman karena akomodasi makanan hanya ada di pintu masuk utama. Serta gunakan sepatu yang nyaman karena bebatuan di Green Canyon licin.


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:

Penulis: Valentine Widi Virdhani
Editor : kadek