Sabtu, 29 November 2014

/ Regional

PANAS BUMI

PLTP Dieng Stop Suplai Listrik

Senin, 7 Mei 2012 | 12:25 WIB

BANJARNEGARA, KOMPAS.com - Pembangkit listrik tenaga panas bumi (PLTP) di Dataran Tinggi Dieng, Banjarnegara, Jawa Tengah (Jateng) sejak 22 April berhenti beroperasi. Selain adanya gangguan teknis penghentian suplai listrik disebabkan pemeliharaan rutin.

General Manager PT Geo Dipa Energi Dieng Agoes Danarto Senin (7/5/2012) mengatakan, untuk sementara PLTP Dieng berhenti operasi, sehingga tidak ada produksi listrik yang bisa dipasok ke jaringan Jawa Madura Bali (Jamali).

"Namun, meski tidak ada pasokan dari PLTP Dieng, jaringan Jamali sama sekali tidak terganggu, karena listrik yang dihasilkan dari PLTP Dieng kecil, hanya 20 megawatt (MW)," kata Agoes.

Menurut Agoes, awalnya ada gangguan teknis pada PLTP Dieng yakni penyumbatan sumur produksi oleh bahan-bahan silika. Untuk itu, langsung dilakukan pemeliharaan.

Silika yang menyumbat sumur produksi di PLTP Geo Dipa Dieng juga menyebabkan peralatan di lapangan-lapangan panas bumi di Dieng lebih cepat terkena korosi. Bahkan, jika pemeliharaan di PLTP lain umumnya 3 tahun sekali, namun untuk PLTP Dieng bisa setahun sekali.

Menurut Humas PLTP Dieng Suparwanto perawatan rutin akan berlangsung hingga akhir Mei. Ia mengakui ada penurunan produksi listrik di PLTP Dieng. Dari kapasitas maksimal 60 MW sekarang tinggal 20 MW. Hal itu salah satunya akibat banyaknya tumpukan silika yang berada dalam sumur, sehingga uap untuk menggerakkan turbin juga berkurang. 


Penulis: Gregorius Magnus Finesso
Editor : Robert Adhi Ksp