Sabtu, 19 April 2014

News / Travel

Pusat Informasi Wisata 10 Provinsi di Bali

Senin, 18 Februari 2013 | 13:53 WIB

Baca juga

DENPASAR, KOMPAS.com - Pusat Informasi Wisata atau Tourist Information Center milik 10 provinsi yang dipusatkan di Bali. Rencananya, pengelolaannya diserahkan kepada pihak ketiga.

"Pusat informasi wisata milik daerah itu yang terletak di kawasan Kuta itu akan dikelola oleh pihak ketiga," kata Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bali Ida Bagus Kade Subhiksu, di Denpasar, Minggu (17/2/2013).

Hal itu disebabkan saat ini keberadaannya kurang optimal dalam mempromosikan potensi pariwisata yang berada di 10 wilayah di Tanah Air. Pusat Informasi Wisata itu berfungsi menjelaskan berbagai potensi wisata dari 10 provinsi, di antaranya Bali, NusaTenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, dan Lampung.

Oleh karena itu, untuk lebih meningkatkan lagi fungsi dari pusat informasi tersebut maka seluruh pemegang kepentingan mendelegasikan pengelolaan tempat tersebut ke swasta yang memiliki kapasitas dan kompetensi. Selain itu, untuk lebih mendekatkan dengan para pelancong, di tempat itu akan dibangun kafe multiguna.

"Pengelolaan itu akan secepatnya dialihkan kepada pihak ketiga dengan harapan fungsinya semakin terasa bagi wisatawan," ujarnya.

 Sementara itu Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Bali, Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati, mengatakan, ada beberapa permasalahan dalam mengembangkan daerah tujuan wisata, salah satunya adalah kurangnya koordinasi dalam promosi.

Ikuti twitter Kompas Travel di @KompasTravel

 


Editor : kadek
Sumber: