Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baghrir, Crepes Tradisional Teman Minum Teh di Maroko

Kompas.com - 19/10/2013, 08:41 WIB
Fira Abdurachman

Penulis

SAMA dengan crepes dari daerah lainnya, Baghrir terbuat dari tepung dicampur telur, minyak, dan dipanggang di atas api panas. Baghrir di panggang atau digarang sampai sekitar 3-5 menit. Tergantung selera, kadang ada yang sukanya dipanggang sampai kering atau ada yang matang saja.

Baghrir di Maroko biasa disajikan dengan gula, madu, keju, atau mentega cair campur susu. Tak ada Baghrir tanpa teh mint yang panas khas Maroko. Tehnya disaji dalam teko kecil dan gelas mungil. "Baghrir adalah teman baiknya teh," ujar Nordin, salah seorang pria asal Maroko.

KOMPAS.COM/FIRA ABDURACHMAN Kedai Baghir di Maroko.

Masyarakat lokal biasa menikmati Baghrir dan teh mint di pagi hari saat sarapan. Baghrir biasa juga dimakan saat sore hari. Nordin berkata, “Kita bisa menemukan Baghrir di seluruh Maroko, bersama teh tentunya.”

Saat Kompas.com mencicipi Baghrir di kota Essaouira, Maroko, kedai Baghrir buka di pagi hari mulai pukul 6 sampai 10 pagi. Kemudian kedai akan tutup di siang hari dan buka kembali mulai sekitar pukul 5 sore sampai 9 malam. Jangan Heran, orang lokal sampai rela antre demi makan Baghrir. Ada beberapa pembeli juga membeli dalam jumlah banyak untuk dibawa pulang.

KOMPAS.COM/FIRA ABDURACHMAN Bahan utama pembuat baghrir adalah tepung telor dan minyak.

Baghrir juga merupakan makanan favorit untuk berbuka puasa saat bulan Ramadhan. “Baghrir adalah makanan penting saat bulan puasa,” tambah Nordin.

Ia mengungkapkan, semua rumah dan tempat menyediakan Baghrir sebagai hidangan berbuka puasa saat bulan Ramadhan.

Kedai yang menjual baghrir biasanya kecil. Di dalamnya dilengkapi beberapa kursi dan meja kecil untuk makanan dan teh. Kedai–kedai yang menjual baghrir banyak dijumpai di kawasan Medina di setiap kota di Maroko. Medina adalah pasar tua dan tradisional yang ada di setiap kota di Maroko, baik kota kecil maupun kota besar.

Harga baghrir sangat murah dan terjangkau. Satu baghrir polos harganya kisaran 3 dirham atau setara dengan Rp 4.500. Tambah gula atau madu atau mentega harganya cukup 5 dirham saja atau setara dengan Rp 7.000. Tambah teh mint semuanya menjadi 10 dirham atau setara dengan Rp 14.000. Harga yang sangat bersahabat untuk sarapan dan nikmat untuk dicicipi. Tidak perlu khawatir, baghrir juga asupan yang cukup memberikan energi ketika jalan–jalan sampai waktu makan siang.

KOMPAS.COM/FIRA ABDURACHMAN Proses pemanggangan baghrir.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com