Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Simak Rujukan Liburan di Tahun Kuda Kayu

Kompas.com - 12/02/2014, 09:44 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Anda sedang merencanakan liburan di tahun 2014 ini? Jika ya, sejumlah event dunia di bawah ini bisa dijadikan rujukan sebagai alternatif liburan Anda agar kian mengesankan.

Berikut event-event kesohor yang menarik untuk dihadiri.

1. Carnevale di Venezia

www.fest300.com Carnevale di Venezia

Ini merupakan festival yang rutin digelar setiap tahunnya di kota Venesia, Italia. Tahun ini, kegiatan akan dilangsungkan pada 22 Februari-4 Maret 2014. Kegiatan ini dimulai empat puluh hari sebelum hari Paskah dan berakhir pada Mardi Gras atau hari Rabu Abu.

Yang unik dari kegiatan ini, tentu saja para peserta tampil dengan busana yang cukup unik. Mereka mengenakan  Topeng Venesia yang terbuat dari kulit atau akrilik, beberapa jenis topeng yang dikenal antara lain Bauta dan Volto, Moretta, atau Larva.

Acara pembukaan akan dipusatkan di kawasan St. Mark's Square. Dalam kegiatan tersebut akan disajikan berbagai macam atraksi seni dari mulai kontes busana, penampilan musik hingga teater.

2.  Battaglia delle Arance (Battle of the Oranges)

www.fest300.com Battle of Orange

Ini adalah acara yang juga cukup unik. Ribuan warga Negeri Pizza ini tumpah ruah di jalanan dan mengelar tradisi perang jeruk. Ya, mereka 'bertempur' di kawasan Kota Ivrea, Turin Italia, sebagai bagian dari tradisi mengenang peperangan abad XII yang berawal dari pemberontakan melawan tirani di abad XII hingga XIII. Sebanyak 5 ribu jeruk disiapkan untuk pertempuran jalanan ini. Acara ini pun menarik wisatawan untuk ikut berpatisipasi sebagai penonton maupun peserta.

3. Montreux Jazz Festival

Montreuxjazz.com Montreux Jazz Festival

Tahun ini kegiatan musik jazz yang akan digelar di Montreux, Switzerland pada 4 Juli - 19 Juli 2014.  Akan ada banyak musisi dunia yang ikut ambil bagian di ajang ini. Tentu saja, ini akan menjadi momen yang indah di mana Anda bisa lebih personal bertemu dengan musisi kesayangan Anda. Selama dua pekan, para wisatawan akan dihibur sajian musik dari musisi kenamaan.

4. Coachella Valley Music and Arts Annual Festival

RadioHead.com Radio Head saat hadir di acara Coachella Valley Music and Arts

Bagi penggemar musik wajib datang ke festival yang satu ini. Festival yang diadakan di California, Amerika Serikat, ini biasanya diselenggarakan 3 hari berturut-turut.

Di tahun 2014 ini, Coachella Valley Music and Arts Annual Festival akan diselenggarakan pada 11-13 April dan 18-20 April. Festival ini menampilkan berbagai jenis genre musik. Pengunjungnya bukan hanya masyarakat umum, namun juga para selebriti Hollywood. Katy Perry, Vanessa Hudgens, dan Anne Hathaway juga pernah datang ke festival musik ini. 

5.  Asia Traditional Foods Festival

ARSIP HOTEL SANTIKA PREMIERE JAKARTA Bebek Pencok Sayuran

Berbagai jenis makanan dari seluruh penjuru negara di Asia bisa kita nikmati dalam festival kuliner ini. Festival diselenggarakan di Jalan Tun Razak, Kuala Lumpur, Malaysia. Goi Cuon dari Vietnam, Kachi Biriany dari Bangladesh, Sushi dari Jepang, dan Dim Sum dari China, dan masih banyak lagi makanan yang bisa kita jumpai di festival ini. Indonesia juga menyajikan beragam makanan tradisional. Bahkan rendang menjadi makanan favorit nomor satu di ATFF. Begitu pula dengan minuman khas Indonesia seperti Kopi Luwak. Festival ini akan diselenggarakan pada September 2014. Untuk lebih jelasnya bisa kita lihat di Facebook Fanpage Asia Traditional Foods Festival - ATFF 2014, ya!

6. Gion Matsuri

Shutterstock festival Gion Matsuri di Jepang

Gion Matsuri adalah festival yang diadakan di Kyoto, Jepang. Awalnya festival ini merupakan penghormatan kepada dewa-dewa yang mereka percayai. Beberapa ribu tahun yang lalu, di Kyoto terjadi bencana dan wabah penyakit sehingga warga berpikir perlu diadakan penghormatan kepada dewa. Meskipun upacara tersebut sempat dilarang tahun 1533, tapi warga Kyoto tetap mempertahankan tradisi mereka.

Festival ini diselenggrakan selama satu bulan, pada 1-31 Juli 2014. Berbagai acara yang disuguhkan seperti Lantern Ceremony, Mikoshi Arai (upacara pemurnian), Kencha Matsuri (upacara minum teh) dan berbagai parade bisa kita saksikan di tengah kota Kyoto. (*)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com