Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tur Negara ASEAN, Malaysia Promosi Pariwisata ke Sumbar

Kompas.com - 13/05/2015, 13:21 WIB
PADANG, KOMPAS.com - Pemerintah Malaysia melalui lembaga Malaysia Tourism Promotion Board mempromosikan pariwisata yang ada di negara itu ke Padang, Sumatera Barat (Sumbar) dalam rangkaian kegiatan yang bertajuk "Tur Negara ASEAN".

"Dalam rangka meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan ke Malaysia, kami menggelar tur melibatkan sejumlah pelaku usaha dan biro perjalanan wisata ke tiga daerah di Sumatera yaitu Padang, Medan dan Pekanbaru," kata Deputy Director International Promotion Division South East Asia Malaysia, Abdul Rauf bin Abu Hasan di Padang, Senin (11/5/2015).

Ia menjelaskan pada 2015 Malaysia menggelar Tahun Festival Malaysia atau Malaysia Year of Festival (Myfest) 2015 yang mengangkatkan 50 acara festival dan kebudayaan. "Sumbar merupakan salah satu wilayah yang menjadi target sosialisasi untuk lebih memperkenalkan wisata Malaysia karena ada penerbangan langsung dari Padang ke Kuala Lumpur," ujarnya.

Untuk itu, dalam tur yang digelar disampaikan paket-paket kunjungan wisata kepada sejumlah agen perjalanan wisata yang ada di Sumbar untuk ditindaklanjuti melalui kerja sama, kata dia

Abdul Rauf menyebutkan pada 2015 Malaysia menargetkan kunjungan wisatawan sebanyak 36 juta orang dengan target pendapatan mencapai 89 miliar Ringgit Malaysia.

KOMPAS/ISMAIL ZAKARIA Dua wisatawan asal Pekanbaru, Riau, menikmati pemandangan dari puncak Janjang Seribu, Kota Bukittinggi, Sumatera Barat, Sabtu (25/4/2015). Potensi wisata, baik alam maupun budaya, yang sangat besar menjadi sektor penting dalam menunjang pembangunan Bukittinggi. Sektor tersebut menyumbang sekitar 62 persen bagi pendapatan asli daerah kota yang terkenal dengan ikon Jam Gadang ini.
Sementara Ketua Asita Sumbar, Ian Hanafiah mengatakan selama ini kerja sama antara biro perjalanan wisata yang ada di Sumbar dengan Malaysia berjalan baik. "Harus diakui jumlah wisatawan yang datang ke Malaysia jauh lebih banyak dari pada yang berkunjung ke Sumbar, dan ini berkat promosi yag baik dari negara itu," katanya.

Ian mengatakan pemerintah Indonesia sebaiknya mencontoh bagaimana Malaysia mempromosikan pariwisatanya dengan membentuk badan khusus serta melakukan promosi dengan maksimal.

"Apalagi di Sumbar ada penerbangan langsung yang merupakan peluang besar bagi warga Negara Jiran itu untuk berkunjung ke daerah ini, sekarang tinggal memaksimalkan promosi," kata Ian.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com