Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gunung Kerinci Jadi Lokasi Pembuatan Dokumenter soal Risiko Pendakian

Kompas.com - 26/06/2024, 12:45 WIB
Ni Nyoman Wira Widyanti

Penulis

KOMPAS.com - Puluhan pendaki dari berbagai profesi menjajal ekspedisi dan mengikuti pembuatan film dokumenter di Gunung Kerinci, Jambi, mulai Jumat (28/6/2024) sampai Minggu (30/6/2024).

Pendakian ini dipimpin oleh pendaki berpengalaman dari Mapala (Mahasiswa Pencinta Alam) Universitas Indonesia (UI), sekaligus anggota Elpala SMA 68, Taufan Novriyanda.

Sebagai informasi, Elpala merupakan akronim dari Enam Lapan Pencinta Alam, komunitas pencinta alam dari SMA 68 Jakarta.

Baca juga:

Pesona Gunung Kerinci dan risiko pendakian

Film dokumenter yang akan dibuat ini menggambarkan kisah hilangnya Yudha Sentika, pendaki dari Elpala SMA 68 Jakarta yang hilang pada 23 Juni 1990 silam di Gunung Kerinci.

Adapun film ini bertujuan memperkenalkan daya tarik alam Gunung Kerinci yang termasuk seven summit Indonesia, sekaligus mengingatkan akan risiko dan pentingnya keselamatan dalam setiap ekspedisi. 

Baca juga: Rawa Bento di TN Kerinci Seblat, Disebut Mirip Sungai Amazon

Sejumlah pendaki Elpala SMA 68 Jakarta.Dok. Elpala SMA 68 Sejumlah pendaki Elpala SMA 68 Jakarta.

"Pendakian ini juga dijadwalkan untuk melakukan revitalisasi prasasti Yudha Sentika di Gunung Kerinci, lokasi terakhir dia terlihat sebelum menghilang," kata pendiri Elpala, Dar Edi Yoga lewat keterangan resmi, Selasa (25/6/2024).

Prasasti tersebut diharapkan bisa jadi pengingat dan inspirasi bagi para pendaki tentang pentingnya keselamatan dan kehati-hatian dalam mendaki.  

Baca juga: 8 Wisata Alam di TN Kerinci Seblat Buka Lagi, Ada Kuota Pengunjung

Sementara itu, produser film ini, Eka Bama Putra berharap agar karya tersebut bisa mengedukasi pendaki di seluruh dunia.

"Film ini diharapkan mampu memberikan edukasi dan inspirasi kepada para pendaki dan pecinta alam di seluruh dunia," tutur Eka Bama Putra.

Ekspedisi ini melibatkan anggota Elpala SMA 68 Jakarta, para pegiat alam bebas, pihak Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS), kru film, dan sejumlah wartawan yang akan mendokumentasikan proses pendakian.

Baca juga:

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com