Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Imbas Pembangunan IKN, Wisatawan ke Balikpapan Bertambah

Kompas.com - 27/06/2024, 19:03 WIB
Silvita Agmasari

Editor

Sumber Antara

KOMPAS.com - Pemindahan Ibu Kota ke sebagian wilayah Provinsi Kalimantan Timur, berdampak pada peningkatan kunjungan wisatawan di Balikpapan.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (DPOP) Kota Balikpapan Cokorda Ratih Kusuma, dikutip dari Antara, Senin (24/6/2024). 

Ratih menyampaikan, tercatat kunjungan wisatawan ke daerah yang dikenal dengan sebutan Kota Minyak itu sepanjang Januari sampai Juni 2024 mencapai 2,5 juta orang.

"Jumlah kunjungan wisatawan itu meningkat dibandingkan pada 2023 pada periode yang sama terdata 1,5 juta orang," katanya lagi.

Pemerintah Kota Balikpapan memaksimalkan peluang dengan menambah cara yang menyenangkan wisatawan (amenitas), agar betah dan kembali lagi ke destinasi wisata di daerah yang juga memiliki slogan Kota Beriman itu.

Baca juga:

Salah satunya atraksi bernama Pesona Balikpapan digelar setiap bulan di Pantai Segara Sari Manggar dengan menampilkan atau mengangkat budaya lokal. 

Ratih menyebutkan, apabila acara berjalan baik akan diadakan di tempat wisata lainnya di Balikpapan.

Jalan Tol IKN yang meaghubungkan Kota Balikpapan dan KIPP Ibu Kota NusantaraKOMPAS.com/HILDA B ALEXANDER Jalan Tol IKN yang meaghubungkan Kota Balikpapan dan KIPP Ibu Kota Nusantara

Pemerintah kota setempat juga terus melakukan promosi wisata dengan mengembangkan kemudahan,khususnya dalam mengakses dan menggunakan suatu ruang, layanan, atau produk menyangkut pariwisata (aksesibilitas).

Peningkatan sarana untuk menyediakan jasa pelayanan penginapan dilengkapi dengan pelayanan makan dan minum serta jasa lainnya (akomodasi) ikut dikembangkan.

Pemerintah Kota Balikpapan bakal memamerkan 10 destinasi wisata pada rangkaian upacara peringatan Kemerdekaan Republik Indonesia ke-79 di Kota Nusantara pada 17 Agustus 2024.

Destinasi itu, di antaranya wisata bahari terdiri dari Pantai Segara Sari Manggar, Pantai Lamaru, Pantai Kilang Mandiri, Pantai Teritip, dan Mahligai Phinisi. 

Ada pula wisata alam, yaitu Konservasi Wisata Bakau, Kebun Raya Balikpapan dan Pasar Primbodani dengan konsep kota hijau.

Berikutnya wisata edukasi ada Kebun Kangkung Kang Bejo serta wisata konservasi hewan endemik Kota Balikpapan, yaitu beruang madu di Kawasan Wisata Pendidikan Lingkungan Hidup (KWPLH). 

Baca juga:

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com