Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasca Ledakan Bom Sarinah, Asita Berharap Tak Ada "Travel Warning"

Kompas.com - 14/01/2016, 19:17 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Terkait dengan travel advice dari Australia, Inggris, dan Amerika Serikat pasca ledakan bom Sarinah, Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata Indonesia (Asita) mengharapkan tidak berkembang menjadi travel warning ke Indonesia.

"Kami juga berharap agar negara-negara tertentu tidak mengeluarkan travel warning agar tidak memperburuk situasi ini (pasca ledakan bom)," kata Ketua Asita Asnawi Bahar saat dihubungi KompasTravel di Jakarta, Kamis (14/1/2016) sore.

Asnawi menyarankan agar para wisatawan asing di Indonesia tetap menikmati perjalanan di Indonesia.

Asnawi pun menyakinkan jika pihak Indonesia akan menjaga keselamatan keberadaan para wisatawan asing di Indonesia. "Harapan kami pihak keamanan dengan cepat bisa menyelesaikan hal ini," ungkapnya.

Sebelumnya, tiga negara yakni Australia, Amerika Serikat, dan Inggris telah mengeluarkan travel advice kepada para warga negara masing-masing yang sedang berada di Jakarta.

Tiga negara tersebut mengimbau untuk menjauhi lokasi peristiwa bom Sarinah dan baku tembak di Jalan Jenderal Sudirman, membatasi pergerakan, dan juga mengikuti instruksi aparat terkait.

"Warga negara Australia diimbau menghindari area yang terdampak ledakan, batasi pergerakan, dan ikuti instruksi pihak setempat," tulis Pemerintah Australia dalam pernyataan resmi seperti dikutip dari www. smarttraveler.gov.au, Kamis (14/1/2015) siang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com