Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Vokalis Red Hot Chili Peppers Disebut Kunjungi Mentawai, di Mana Lokasinya?

Kompas.com - 17/04/2024, 09:57 WIB
Ni Nyoman Wira Widyanti

Penulis

KOMPAS.com - Anthony Kiedis, vokalis band rock asal Amerika Serikat (AS) Red Hot Chili Peppers (RHCP), disebut mengunjungi Kepulauan Mentawai di Sumatera Barat.

Hal tersebut terlihat dari unggahan foto di akun Instagram resmi band RCHP @chilipeppers, Selasa (16/4/2024) lalu. 

Baca juga:

Di unggahan itu, terlihat Kiedis tengah merokok bersama dua penduduk Kepulauan Mentawai yang mengenakan ikat kepala dan kalung manik, serta memiliki tato. 

"3 shamans tobacco ceremony (upacara tembakau tiga dukun)," bunyi unggahan di akun tersebut, dikutip Rabu (17/4/2024).

Tidak hanya itu, dilansir dari Banjarmasin Post, Rabu (17/4/2024), model Victoria's Secret, Stella Maxwell juga disebut mengunjungi Kepulauan Mentawai lantaran ia berfoto di tepi pantai di kepulauan itu.

Maxwell pun mengunggah foto yang sama yang diunggah akun Instagram resmi band RHCP.

Kepulauan Mentawai di mana?

Sebagai informasi, Kepulauan Mentawai terletak di pesisir barat Pulau Sumatera, sekaligus berbatasan langsung dengan Samudera Hindia.

Dilaporkan oleh Kompas.com, Kamis (1/9/2022), Kepulauan Mentawai terdiri dari empat pulau utama yaitu Pulau Pagai Utara, Pulau Pagai Selatan, Pulau Sipora, dan Pulau Siberut. 

Suku mentawai menjadi suku asli yang menghuni wilayah tersebut. Termasuk suku tertua di Indonesia, suku mentawai memiliki beragam tradisi dan budaya, mulai dari tato, rumah adat, kepercayaan, sampai pengobatan.

Di wilayah ini juga terdapa sikerei, ahli pengobatan tradisional yang berperan penting dalam kehidupan masyarakat di Kepulauan Mentawai. 

Dilansir dari Kompas.id, Rabu (17/4/2024), peran sikerei tidak hanya berpusat di pengobatan tradisional, tapi juga ritual adat. 

Biasanya sikerei memakai kabit (cawat), kalung manik, dan ikat kepala dari kain merah. Beberapa bagian tubuhnya, misalnya tangan, badan, dan kakinya, dihiasi titi (tato tradisional Mentawai). 

Dari sisi potensi wisata, Kepulauan Mentawai cocok sebagai tempat berselancar (surfing). Dikutip dari Portal Informasi Indonesia, Rabu (17/4/2024), spot surfing di wilayah ini berhadapan langsung dengan Samudera Hindia sehingga gulungan ombaknya pun menantang.

Pada tahun 2016, Kepulauan Mentawai jadi lokasi ajang surfing internasional bernama Mentawai Pro.

Baca juga:

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com