Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Diresmikan Jokowi, Ketahui 6 Fakta Bandara Mentawai Sumatera Barat

Kompas.com - 25/10/2023, 16:45 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Bandara Mentawai baru di Kabupaten Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat pada Rabu (25/10/2023).

Jokowi berharap, dengan beroperasinya bandara baru tersebut, dapat mendorong jumlah wisatawan yang berkunjung ke Mentawai

“Saya harap mobilitas masyarakat akan semakin mudah, potensi wisata di Kepulauan Mentawai juga bisa dikembangkan lebih baik lagi. Kami harapkan wisata surfing semakin berkembang," ujar Jokowi, dikutip dari Kompas.com.

Baca juga:

Ada beragam fakta Bandara Mentawai baru yang menarik untuk diketahui sebagai berikut:

1. Menggantikan bandara lama 

Bandara Rokot Sipora, di Desa Rokot, Kecamatan Sipora Selatan, Kabupaten Kepulauan Mentawai. Wikimedia Commons Bandara Rokot Sipora, di Desa Rokot, Kecamatan Sipora Selatan, Kabupaten Kepulauan Mentawai.

Sebelumnya, Kabupaten Kepulauan Mentawai sudah memiliki bandara, yakni Bandara Rokot Sipora. Bandara perintis tersebut terletak di Desa Rokot, Kecamatan Sipora Selatan, Kabupaten Kepulauan Mentawai.

Berdasarkan informasi dari situs Kementerian Perhubungan, Bandara Mentawai baru akan menggantikan Bandara Rokot Sipora, lantaran keterbatasan landasan pacu atau runway yakni hanya 850 meter.

Dengan panjang runway tersebut, Bandara Rokot Sipora hanya hanya dapat disinggahi pesawat jenis propeller atau baling-baling, yakni Cessna Grand Caravan berkapasitas 12 orang. Adapun jarak dari Bandara Mentawai ke Bandara Rokot Sipora sekitar 2,4 kilometer (km).

2. Pesawat ATR bisa mendarat 

Bandara Mentawai baru memiliki panjang runway 1.500 meter x 30 meter. Dengan panjang landasan tersebut, Bandara Mentawai bisa melayani pesawat ATR 72-600 berkapasitas maksimal 78 penumpang, berdasarkan informasi dari Kompas.com (25/10/2023). 

Dengan demikian, Bandara Mentawai mampu melayani penumpang lebih banyak ketimbang Bandara Rokot Sipora.

3. Habiskan anggaran Rp 547 miliar 

Bandara Rokot Mentawai menjadi bandara baru di Pulau Mentawai, Sumatera Barat menggantikan bandara lama yaitu Bandara Rokot Sipora yang sudah tidak memungkinkan dikembangkan lagi.Dok. Kementerian Perhubungan Bandara Rokot Mentawai menjadi bandara baru di Pulau Mentawai, Sumatera Barat menggantikan bandara lama yaitu Bandara Rokot Sipora yang sudah tidak memungkinkan dikembangkan lagi.

Pembangunan Bandara Mentawai baru menghabiskan dana hingga Rp 547 miliar, berdasarkan informasi dari situs Kementerian Perhubungan. Sebelumnya, pembangunan bandara sempat ditargetkan selesai pada Agustus 2022 lalu, namun molor hingga setahun.

Bandara Mentawai baru diresmikan hari ini, Rabu (25/10/2023) oleh Presiden Jokowi.

Baca juga:

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com