Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sabet Juara 1 ADWI 2023 Daya Tarik Pengunjung, Simak 6 Pesona Desa Muntei di Mentawai

Kompas.com - 28/08/2023, 10:40 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

KOMPAS.com - Desa Wisata Muntei berhasil menyabet juara satu dalam ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia 2023 (ADWI 2023) kategori Daya Tarik Pengunjung, yang digelar pada Minggu (27/8/2023).

Desa wisata Muntei berada di Kecamatan Siberut Selatan, Kabupaten Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat.

Baca juga:

Desa Muntei berhasil mengalahkan nominasi lainnya antara lain Desa Wisata Soinrat (Kabupaten Maluku Tenggara, Maluku), Desa Wisata Botubarani (Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo), Desa Wisata Bukit Batu (Kabupaten Bengkalis, Riau), dan Desa Wisata Ramang-ramang (Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan).

Desa Muntei adalah salah satu gerbang masuk wisata di Kecamatan Siberut Selatan. Selain alam yang indah, Desa Muntei masih kental dengan adat dan tradisi yang menarik bagi wistawan.

Apa pesona Desa Muntei yang berhasil menarik para wisatawan? Simak ulasannya berikut ini.

1. Tato tradisional Mentawai 

Motif seni tato Mentawai.Fatris MH Motif seni tato Mentawai.

Wisatawan yang berkunjung ke Desa Muntei bisa menjumpai proses pembuatan tato tradisional Mentawai. Bagi masyarakat Mentawai, tato atau titi merupakan cerminan hubungan yang erat antara masyarakat Mentawai dengan lingkungan sekitar, berdasarkan informasi dari website Jejaring Desa Wisata.

Seni rajah yang mereka pakai sama sekali jauh dari kata modern. Melansir dari Kompas.com (9/4/2019), tinta yang dipakai berasal dari arang kayu atau bekas pembakaran yang dihaluskan, lalu dicampur dengan perasan tebu.

Proses selanjutnya, duri atau jarum yang telah dicelupkan pada tinta tadi ditusukkan pada lapisan kulit, membentuk rupa-rupa motif. Tato adalah identitas sosial Suku Mentawai yang membedakan antara klan satu dengan lainnya.

2. Pengolahan sagu 

Sagu merupakan makanan pokok masyarakat Mentawai, berdasarkan informasi dari website Jejaring Desa Wisata. Saat berkunjung ke Desa Muntei, wisatawan bisa menyaksikan pengolahan sagu dari pohon menjadi makanan siap santap.

Proses pengolahan sagu di Desa Muntei masih dilakukan secara tradisional mengandalkan tenaga manusia.

Baca juga:

3. Makanan dari ulat sagu 

Masyarakat Desa Muntei, Kecamatan Siberut Selatan, Kabupaten Kepulauan Mentawai, mencari ulat sagu. Dok. Jadesta Kemenparekraf Masyarakat Desa Muntei, Kecamatan Siberut Selatan, Kabupaten Kepulauan Mentawai, mencari ulat sagu.

Selain sagu, masyarakat setempat juga memanfaatkan ulat sagu atau tamra sebagai bahan pangan. Ulat sagu tersebut bisa dijumpai di batang pohon sagu yang sudah membusuk.

Ulat sagu diyakini mengandung protein yang sangat tinggi, karena memiliki banya serat lemak. Bisanya, ulat sagu tersebut diolah dengan cara dibakar, direbus, atau dikonsumsi dalam keadaan mentah. 

Berburu ulat sagu, sekaligus mengolahnya menjadi makanan merupakan salah satu kegiatan wisata khas Desa Muntei.

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Kompas Travel (@kompas.travel)

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com