Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

350.000 Wisatawan Kunjungi Semarang Saat Libur Lebaran 2024, Kota Lama Jadi Favorit

Kompas.com - 17/04/2024, 08:02 WIB
Ni Nyoman Wira Widyanti

Penulis

Sumber Antara

KOMPAS.com - Sebanyak 350.000 wisatawan disebut mengunjungi Kota Semarang, Jawa Tengah, selama libur Lebaran 2024, dengan Kota Lama jadi tempat wisata favorit.

"Kunjungan di Kota Semarang meningkat jadi 350.000 wisatawan. Sebanyak 200.000 lebih wisatawan datang ke Kota Lama," tutur Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu, dilansir dari Antara, Selasa (16/4/2024).

Ia melanjutkan bahwa Kota Lama berada di urutan pertama sebagai tempat wisata yang paling banyak dikunjungi selama periode tersebut.

Setelah Kota Lama, tempat wisata favorit lainnya di Kota Semarang selama periode tersebut adalah Museum Lawang Sewu, yang ada di urutan kedua. 

Baca juga:

Suasana wisatawan berlibur di ikon wisata Lawang Sewu Semarang, Minggu (14/4/2024) malam.KOMPAS.COM/Titis Anis Fauziyah Suasana wisatawan berlibur di ikon wisata Lawang Sewu Semarang, Minggu (14/4/2024) malam.

Adapun data tersebut berdasarkan hasil penghitungan random sampling oleh Dinas Kepemudaan, Olahraga Dan Pariwisata (Disporapar) Provinsi Jawa Tengah.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Semarang, Wing Wiyarso menuturkan, jumlah kunjungan wisatawan yang tercatat itu hanya di sejumlah destinasi wisata yang besar.

Jumlah kunjungan wisatawan, lanjutnya, akan semakin tinggi bila penghitungan random sampling juga dilakukan secara merata di tempat wisata di Kota Semarang.

"Tentunya ini sangat menggembirakan. Alhamdulillah warga Kota Semarang sangat mendukung (pariwisata), minimal sedikitnya pengaduan atau komplain dari wisatawan," ujar Wing.

Baca juga:

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com