Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Destinasi Wisata di Ambarawa Semarang untuk Libur Lebaran

Kompas.com - 02/04/2024, 14:39 WIB
Alma Erin Mentari

Penulis

KOMPAS.com - Ambarawa, sebuah kota kecil yang terletak di Jawa Tengah, menawarkan beragam destinasi wisata yang memikat hati para pengunjung.

Dikenal dengan pesonanya yang kental akan sejarah, alam, dan budaya, Ambarawa menawarkan pengalaman wisata yang berbeda dan menarik.

Dari museum yang kaya akan peninggalan sejarah, perkebunan yang memikat, hingga wisata alam yang menawan, Ambarawa memiliki segala yang dibutuhkan untuk liburan yang berkesan. 

Simak penjelasan seputar rekomendasi tempat berlibur di Ambarawa, Jawa Tengah berikut ini. 

Baca juga:

Museum Kereta Api Ambarawa

Museum Kereta Api Ambarawa berada di Jalan Stasiun Nomor 1, Panjang Kidul, Panjang, Ambarawa, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Buka dari pukul 08.00-17.00 WIB.

Wisata di Ambarawa, Semarang, Jawa Tengah, wisatawan dapat melihat koleksi lokomotif tua bersejarah yang telah ada sejak zaman Hindia Belanda.

Harga tiket masuk museum ini adalah Rp 20.000 untuk orang dewasa, Rp 10.000 untuk pelajar dengan seragam, dan anak-anak. Sedangkan untuk turis asing, harga tiket masuknya adalah Rp 30.000 per orang. Untuk naik Kereta Api Wisata, ada tambahan biaya tiket sebesar Rp 100.000 per orang.

Eling Bening

Eling Bening berlokasi di Jalan Sarjono, Bawen, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Buka dari pukul 07.00-18.30 WIB.

Eling Bening adalah wisata outdoor di Ambarawa yang menghadap langsung ke gunung dan rawa. Dari sini, pengunjung dapat mengabadikan foto dengan latar belakang gunung di sekitar Ambarawa.

Selain itu, pemandangan luas Rawa Pening juga dapat dinikmati dari tempat ini, tidak hanya sebagai latar belakang foto yang indah, tetapi juga menyegarkan mata. Keindahan panorama ini tidak hanya terlihat di siang hari, tetapi juga saat senja menjelang.

Monumen Palagan Ambarawa

Monumen Palagan Ambarawa berada di Jalan Mgr. Sugiyopranoto, Panjang Lor, Panjang, Ambarawa, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Buka dari pukul 08.00-18.00 WIB.

Monumen Palagan Ambarawa adalah destinasi wisata sejarah yang penting untuk menambah pengetahuan. Di dalamnya, pengunjung bisa melihat dan menemukan berbagai benda bersejarah dari masa pemerintahan Jepang dan Belanda, menjadi bukti perjuangan keras mempertahankan wilayah Indonesia.

Monumen ini memiliki bangunan setinggi lebih dari lima meter dengan lambang Pancasila di latar belakangnya, berbentuk segi lima.

Candi Gedong Songo

Candi Gedong Songo berada di Jalan Ke Candi Gedong Songo, Candi, Krajan, Banyukuning, Bandungan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah.

Candi Gedong Songo, ditemukan oleh Thomas Stamford Raffles sekitar tahun 1804, dan kini menjadi salah satu tujuan wisata terkenal di Semarang. Nama "Gedong Songo" berasal dari Bahasa Jawa, yang menggambarkan bangunan sembilan.

Danau Rawa Pening

Danau Rawa Pening berada di Jalan Lingkar Selatan KM 3, Ambarawa, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Danau alami yang membentang luas hingga melewati empat kecamatan, ada Bawen, Ambarawa, Tuntang, dan Banyubiru.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com