Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Tempat Wisata Semarang Dekat Stasiun Tawang untuk Libur Lebaran

Kompas.com - 05/04/2024, 12:39 WIB
Alma Erin Mentari

Penulis

KOMPAS.com - Tempat wisata di Semarang yang dekat dengan Stasiun Tawang menawarkan beragam daya tarik bagi para pengunjung yang singgah di kota ini.

Berada di pusat kota yang strategis, destinasi wisata ini termasuk yang populer dan mudah dijangkau dari Stasiun Tawang. Simak rekomendasi wisata Semarang yang satu ini. 

Baca juga:

Kota Lama Semarang 

Dilansir dari Kompas.com pada Kamis (5/5/2022), beberapa lokasi menarik yang cocok untuk berfoto di Semarang antara lain Gereja Blenduk, Taman Srigunting, Galeri Seni Kontemporer Semarang, Gedung Marba, dan Pasar Klitikan Kota Lama.

Kawasan Kota Lama Semarang berlokasi di Jalan Letjen Suprapto Nomor 31, Semarang Utara, Kota Semarang, Jawa Tengah. Jaraknya hanya sekitar 500 meter berjalan kaki dari Stasiun Semarang Tawang.

Masjid Agung Jawa Tengah

Jika kamu tertarik untuk menjelajahi wisata religi, Kota Semarang punya Masjid Agung Jawa Tengah. Keistimewaan tempat ibadah umat Muslim ini tidak hanya terletak pada keagungan bangunannya, tetapi juga keindahan lampu-lampu yang menerangi area sekitarnya di malam hari.

Berdasarkan informasi yang diambil dari situs resminya, luas tanah yang digunakan untuk pembangunan masjid ini mencapai 10 hektar, dengan luas bangunan utama sekitar 7.669 meter persegi.

Masjid Agung berlokasi di Jalan Gajah Raya Nomor 128, Sambirejo, Gayamsari, Kota Semarang. Jaraknya sekitar 4,2 kilometer dari Stasiun Semarang Tawang.

Ilustrasi Semarang, Tugu Muda, Lawang Sewu, kota pilihan mahasiswa. Shutterstock/Adil Armaya Ilustrasi Semarang, Tugu Muda, Lawang Sewu, kota pilihan mahasiswa.

Lawang Sewu

Lawang Sewu ke Stasiun Tawang hanya berjarak sekitar 3,4 kilometer atau bisa ditempuh selama 13 menit dengan kendaraan bermotor.

Lawang Sewu adalah salah satu destinasi wisata terkenal di Semarang. Awalnya, bangunan ini digunakan sebagai kantor pusat perusahaan kereta api Belanda, Nederlandsch-Indische Spoorweg Maatschappij (NISM).

Selain menikmati keindahan bangunan yang terkenal dengan pintu-pintunya yang berjumlah banyak. Lawang Sewu juga menawarkan pengalaman menarik dengan adanya penjara bawah tanah yang dapat dikunjungi.

Taman Pandanaran

Taman seluas 6.000 meter persegi ini menjadi ikon Kota Semarang berkat patung naga besar yang berdiri di tengahnya.

Patung naga ini dikenal sebagai "warak ngendog," yang merupakan makhluk fiktif yang melambangkan persatuan dari tiga etnis, yaitu Tionghoa, Jawa, dan Arab.

Setiap harinya, banyak pengunjung datang ke taman ini untuk berfoto dan bersantai. Wisatawan bisa menempuh jarak sekitar 4,4 kilometer dari Stasiun Tawang ke Taman Pangandaran.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com