Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Tips Kemas Barang Bawaan untuk Short Trip, Bikin List

Kompas.com - 05/04/2024, 09:37 WIB
Alma Erin Mentari

Penulis

KOMPAS.com - Sedang merencanakan short trip saat libur Lebaran 2024? Ada tips mengemas barang bawaan yang bisa kamu ikuti agar semua barang penting terbawa dan berat tas tidak membebani. 

Dilansir dari berbagai sumber, simak tips mengemas pakaian atau barang bawaan lainnya untuk liburan 2-3 hari di luar kota atau negeri berikut ini.

Baca juga:

1. Gunakan kantong plastik

Siapkan kantong plastik untuk menaruh barang yang penting seperti pengisi daya atau aksesoris. Dilansir dari laman National Geographic, kantong plastik juga bisa digunakan untuk perlengkapan mandi.

Gunakan kantong plastik dalam ukuran besar untuk menyimpan cucian kotor selama short trip berlangsung.

2. Kenakan pakaian yang sama untuk pulang-pergi

Pilih pakaian yang sama untuk perjalanan berangkat atau pulang. Cara ini bisa membuatmu tidak perlu lagi membawa banyak pakaian.

Jika ingin membawa pakaian yang lebih banyak, ada baiknya untuk menggunakan pakaian berlapis mengingat pesawat biasanya memiliki suhu udara lebih dingin.

3. Tidak membawa banyak bawaan yang berat

Jika kamu ingin liburan 2-3 hari, sebaiknya hindari membawa barang bawaan yang berat. Seperti banyak membawa pakaian berbahan jeans.

Ilustrasi packing barang untuk bepergian.PEXELS/VLADA KARPOVICH Ilustrasi packing barang untuk bepergian.

4. Siapkan daftar barang bawaan

Dilansir dari InStyle, buatlah daftar barang bawaan. Tuliskan barang bawaan yang penting-penting saja. Seperti peralatan mandi dan obat-obatan.

5. Pilih pakaian yang bisa digunakan berulang

Seperti yang dilansir dari laman New York Times, ada baiknya untuk memilih dan membawa pakaian yang bisa dipadupadankan. Seperti pada acara formal atau kasual, sebaiknya pilih baju yang bisa digunakan untuk kedua jenis acara tersebut.

6. Gunakan tas yang tepat

Gunakan ukuran tas yang tidak terlalu besar agar tidak ada hasrat untuk memasukkan banyak barang dalam satu tas. Namun, pastikan untuk tidak membawa semua barang dalam satu tas yang sama.

7. Perhatikan aturan perjalanan short trip

Walau hanya short trip, pastikan untuk mengecek kembali aturan dan kebijakan di destinasi tujuan. Terutama, jika kamu akan membawa barang penting dan pribadi seperti obat-obatan.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com