Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Tips Packing dengan Koper untuk Mudik Lebaran

Kompas.com - 03/04/2024, 13:43 WIB
Alma Erin Mentari

Penulis

KOMPAS.com - Salah satu persiapan mudik lebaran yang bisa kamu ikuti adlaah mengatur packing dengan koper yang tepat sehingga bisa mengoptimalkan penggunaan ruang di dalamnya.

Dari strategi menyusun pakaian hingga memilih barang bawaan yang penting, berikut adalah 10 tips packing dengan koper yang akan membantumu menikmati perjalanan mudik dengan lebih mudah dan hemat.

Baca juga:

1. Buat perencanaan isi koper

Dilansir dari laman Travel and Leisure, ada baiknya untuk membuat perencanaan kegiatan selama libur Lebaran 2024. Dengan begitu, kamu akan mengetahui jumlah dan jenis barang yang akan dimasukkan ke dalam koper.

Mulai dengan merencanakan barang seperti perlengkapan mandi hingga pakaian dalam yang dianggap penting.

2. Gunakan tas atau wadah kecil

Siapkan tas atau wadah ukuran travel size yang biasa digunakan untuk bepergian. Wadah tersebut bisa digunakan untuk mengisi perlengkapan mandi sehingga tidak berceceran di dalam koper.

3. Pisahkan wadah untuk baju dan celana

Bagi kamu yang akan bepergian selama satu minggu atau lebih, siapkan wadah atau kantong khusus untuk baju, celana, pakaian dalam, atau pun kerudung.

Cara ini bisa membuat koper terasa lebih rapi dan bisa muat banyak barang.

4. Siapkan dan gunakan koper ukuran sedang

Dilansir dari laman New York Times, kamu bisa menggunakan koper ukuran sedang yang punya tinggi tidak lebih dari 50 sentimeter.

Dengan begitu, kamu tidak akan tergiur untuk memasukkan semua barang ke dalamnya.

5. Gunakan perencanaan 5,4,3,2,1

Kamu bisa menggunakan trik dalam membawa barang bawaan yaitu 5,4,3,2,1. Lebih jelasnya, itu adalah contoh aturan saat membawa lima pakaian dalam, empat atasan, tiga bawahan, dua pasang sepatu, dan satu topi untuk perjalanan kurang dari satu minggu.

Hindari minum kopi sebelum naik pesawat.PEXELS/MIKHAIL NILOV Hindari minum kopi sebelum naik pesawat.

6. Pikirkan dua kali terkait barang yang akan dibawa

Pikirkan kembali selama dua kali atau lebih tentang barang bawaan yang akan dimasukkan koper. Terutama, jika setelah liburan kamu akan membagikan oleh-oleh kepada orang tersayang.

7. Pisahkan benda cair

Ada cara untuk menghindari adanya resiko kebocoran di tengah pakaian. Ada baiknya untuk bawa benda cair dan bungkus dengan kantong plastik.

Taruh atau tata benda cair di tempat yang mudah dijangkau.

8. Gunakan metode lipat dan gulung

Selalu gunakan metode lipat dan gulung saat memasukkan pakaian ke dalam koper. Seperti pakaian kasual seperti jeans dan atasan katun, sebaiknya lipat. Sementara pakaian yang cenderung kusut, sebaiknya gulung.

9. Manfaatkan ruang kosong

Pintar-pintarlah untuk menggunakan ruang kosong yang ada di dalam koper. Seperti saat akan membawa sepatu, ada ruang kosong di dalamnya.

Oleh karena itu, manfaatkan bagian tersebut dengan meletakkan kaus kaki.

10. Sortir kembali barang bawaan

Ada baiknya untuk melakukan sortir barang bawaan untuk menghindari adanya kelebihan kapasitas barang. Kalau kamu memiliki budget lebih, beli pakaian dalam sekali pakai agar koper terasa luas setelah berlibur.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com