Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seperti Inilah Aktivitas Babinkamtibmas Pariwisata di Pantai Kuta

Kompas.com - 23/01/2016, 12:42 WIB
Kontributor Denpasar, Sri Lestari

Penulis

BADUNG, KOMPAS.com - Personel polisi yang berkaos cokelat, mengenakan sepatu boot, bercelana pendek dan membawa ransel hitam bertuliskan "Babinkamtibmas Pariwisata Polresta Denpasar" cukup menyita perhatian wisatawan yang berkunjung di Pantai Kuta, Kabupaten Badung, Bali.

Dengan ramah mereka melayani wisatawan jika mengalami kesulitan seperti kesulitan menemukan jalan yang dituju, arah hotel, maupun alamat tujuan lainnya, bahkan membantu wisatawan yang ingin menyeberang.

"Sebenarnya kami bertugas di kawasan Sanur tapi diperbantukan di Kuta. Sama saja di mana bertugas, sebagai polisi pariwisata tetap memberikan keamanan dan kenyamanan bagi wisatawan," kata Ketut Sukardi, Polisi Pariwisata di Kuta, Jumat (22/1/2016).

KOMPAS.COM/SRI LESTARI Babinkamtibmas Pariwisata sedang membantu wisatawan asing menyeberang jalan di Kuta, Kabupaten Badung, Bali, Jumat (22/1/2016).
Ketut Sukardi menyampaikan bahwa setiap jam tugas dilakukan oleh 15 orang. Sementara tas ransel yang dibawa di antaranya berisi buku panduan, borgol, alat komunikasi, pentungan, senter dan perlengkapan keamaan lainnya.

"Tas ini isinya perlengkapan pendukung keamanan dan pelayanan wisatawan," kata Sukardi.

Selama bertugas menjadi petugas Babinkamtibmas Pariwisata, banyak hal yang dialami seperti pernyataan dari salah satu polisi bernama Ketut Wipatmita, bahwa kejahatan yang sering ditangani lebih banyak penjambretan.

Mereka harus ekstra hati-hati dan tetap meningkatkan kewaspadaan, jika tidak akan berimbas pada pemberitaan bahwa Bali tidak aman karena banyak penjambret.

KOMPAS.COM/SRI LESTARI Babinkamtibmas Pariwisata sedang memberi petunjuk kepada wisatawan di Pantai Kuta, Kabupaten Badung, Bali, Jumat (22/1/2016).
Wipatmita menambahkan, jika kejahatan itu dialami orang asing semakin runyam jadinya. Karena itulah wisatawan harus dijamin keamanan dan kenyamanannya saat mereka mengunjungi Bali.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com