Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Long Weekend" Terakhir, Wisatawan Padati Bandara Soekarno Hatta

Kompas.com - 08/05/2016, 09:30 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pascalibur Long Weekend 5-8 Mei 2016, arus balik wisatawan mulai terlihat. Kepadatan terjadi di Terminal Keberangkatan 1B Bandara Soekarno Hatta, Tangerang (8/5/2016) sejak pukul 04.58 WIB.

Pantauan Kompas.com, wisatawan memenuhi seluruh loket antrean check-in maskapai penerbangan Sriwijaya Air di Terminal 1B Bandara Soekarno Hatta. Sejumlah wisatawan juga terlihat mengantre di loket check-in maskapai penerbangan Lion Air.

Seorang wisatawan asal Balikpapan, Humisar (27) mengatakan, ia pulang setelah berlibur di Jakarta. Ia mengaku sempat mengunjungi Bandung untuk berlibur bersama pasangannya.

"Ini mau pulang abis libur Long Weekend di Bekasi. Tujuan utama ke Bekasi mau foto pre-wedding. Pergi ke Bandung kemarin macet jalanan," kata Humisar kepada Kompas.com.

Wisatawan lain asal Lampung, Ayub (51) juga menyatakan pulang setelah berlibur ke Bali sejak Senin (2/5/2016) hingga Kamis (5/5/2016). Ia kembali ke Lampung bersama tiga anak dan istrinya.

"Ini saya satu keluarga. Liburan ini sudah saya rencanain sebulan yang lalu. Saya ambil penerbangan pagi supaya bisa siap-siap anak mau sekolah," ujar Ayub kepada Kompas.com.

Staf Customer Service Officer Sriwijaya Air Fahmi (25) mengatakan antrean arus balik pascalibur Long Weekend 5-8 Mei 2016, Minggu (8/5/2016) telah terjadi sejak pukul 02.30 WIB. Padahal, loket check-in Sriwijaya Air baru dibuka pada pukul 03.00 WIB.

"Kalau hari ini puncak arus baliknya. Tadi abis ngobrol dengan beberapa costumer, mereka mau pulang abis liburan. Semua penerbangan Sriwijaya sampai nanti jam 07.00 full," ungkap Fahmi lepada Kompas.com.

Ia mengatakan lebih dari 2.000 wisatawan akan pergi meninggalkan Jakarta menuju destinasi di Jawa, Sumatera, Kalimantan, dan Makassar hingga pukul 07.00 WIB nanti menggunakan Sriwijaya Air.

Sejak pukul 04.00 hingga 07.00 WIB nanti terdapat 13 penerbangan dengan kapasitas per peesawat 160 orang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com