5 Lokasi untuk “Hadiah” Paling Romantis di Hari Valentine - Kompas.com
BrandzView
Halaman ini merupakan kerja sama antara OPPO dan Kompas.com

5 Lokasi untuk “Hadiah” Paling Romantis di Hari Valentine

Cahyu Cantika Amiranti
Kompas.com - 13/02/2017, 11:48 WIB
thinkstockphotos.com Ilustrasi


KOMPAS.com – Ada banyak cara untuk merayakan Hari Kasih Sayang alias Valentine’s Day. Travelling berdua ke tempat-tempat romantis, bisa jadi salah satu pilihan yang bahkan bisa memberikan kesan lebih mendalam.

Riset mendapati, pasangan yang melakukan perjalanan bersama akan memiliki ikatan rasa yang cenderung lebih kuat. Perayaan Hari Valentine bisa jadi momentum untuk itu.

"Pasangan yang mengambil waktu untuk berlibur berdua saja setidaknya sekali setiap tahun mengaku lebih bahagia (dan) punya hubungan sehat secara keseluruhan, dibandingkan mereka yang tidak pernah melakukan perjalanan sebagai pasangan," kata Pam Loeb dari Edge Research, yang menjalankan riset untuk asosiasi pariwisata Amerika Serikat itu.

Riset tersebut dilakukan lewat survei kepada 1.100 orang dewasa yang sudah  memiliki pasangan di Negeri Paman Sam pada 2013. Perjalanan bersama pasangan, menurut survei ini pun diyakini bakal memberi kesan lebih mendalam, bahkan melebihi efek pemberian hadiah pernak-pernik mahal.

Satu hal yang juga penting dari perjalanan adalah mengabadikan kenangan berdua. Mengunggah foto atau video blog (vlog) berdua pasangan di media sosial pun sudah lama diketahui sebagai salah satu cara untuk memperkuat ikatan rasa karena ada “pengakuan” yang diumumkan.

Mengabadikan momentum berdua pasangan pun sekarang bukan persoalan susah. Memakai ponsel kamera pun sudah bisa. Teknologi gadget sekarang sudah bisa menghadirkan gambar berkualitas, tak ribet untuk penggunaannya, dan tak akan kesulitan untuk mengunggahnya di media sosial.
 
Memakai Oppo F1s, misalnya, akan mendapati kamera depan dengan resolusi 16 megapiksel. Ponsel kamera ini pun sudah dibekali dengan memori akses (RAM) 4 GB dan ruang penyimpanan internal (ROM) 64 GB, yang memastikannya tak lemot saat dipakai atau kehabisan ruang simpan untuk jepretan gambar diri (selfie) atau vlog.

Lokasi romantis

Soal lokasi romantis untuk menghabiskan hari berdua bersama pasangan, ada banyak pilihan, dari Banyuwangi di Jawa Timur sampai ke Negeri Ginseng, Korea Selatan.

KOMPAS/BAHANA PATRIA GUPTA Wisatawan melihat Blue Fire atau api biru di dasar Kawah Gunung Ijen di Kabupaten Banyuwangi, Selasa (9/8/2016) pagi hari. Kabupaten Banyuwangi yang mempunyai julukan sebagai Sunrise of Java tersebut mempunyai sejumlah tempat wisata andalan pantai maupun pegunungan dan dikenal hingga mancanegara.

Bila menyukai lokasi yang lengkap memiliki gunung, pantai, dan taman nasional, Banyuwangi bisa jadi pilihan destinasi wisata bersama pasangan. Di sini ada Kawah Ijen yang memiliki semburan api biru, yang hanya ada dua di dunia.

Selain di Kawah Ijen, semburan api biru cuma bisa ditemukan di Islandia. Waktu maksimal untuk menikmati fenomena alam tersebut adalah pada dini hari sekitar pukul 02.00 WIB sampai pukul 03.00 WIB.

Kalau menyukai kehidupan satwa yang tak bisa ditemukan di sembarang tempat, Banyuwangi memiliki Pantai Sukamade dengan anak-anak kura-kura bisa ditemukan berjalan di tepian air. Kabupaten ini pun memiliki Taman Nasional Baluran atau biasa disebut "Little Africa in Java".

Masih di Indonesia, lokasi romantis yang dapat dinikmati dengan pasangan adalah Pulau Kanawa di Flores, Nusa Tenggara Timur. Pesona keindahan alamnya tak kalah dengan Hawaii di Amerika Serikat.

Pulau Kanawa merupakan bagian dari Taman Nasional Komodo. Perairan di sekitar pulau teramat jernih, sampai memperlihatkan isinya, baik beragam jenis ikan maupun terumbu karang, tanpa perlu wisatawan menyelam.

Menyambangi kawasan ini, jangan lewatkan juga Pantai Pink. Sesuai namanya, pasir di pantai ini berwarna merah muda. Warnanya akan semakin terlihat menakjubkan ketika mendapat pantulan sinar matahari saat matahari terbenam.

Lain lagi kalau wisata berdua kali ini hanya mengalokasikan budget terbatas. Yogyakarta tetap bisa jadi pilihan. Ikuti saja jejak perjalanan Rangga dan Cinta dalam film “Ada Apa dengan Cinta 2” untuk tujuan perjalanan.

(Baca juga: Jatuh Cinta pada Yogya untuk Kesekian Kalinya)

Nah, kalau budget cukup longgar untuk berjalan berdua pasangan, Hawaii bisa jadi tujuan. Turtle Bay Resort yang terletak di Oahu, misalnya, memang terkenal sebagai tempat untuk merayakan cinta. Film komedi romantis Hollywood, Forgetting Sarah Marshall, sampai menjadikan kawasan ini sebagai lokasi pengambilan gambar.

http://www.turtlebayresort.com/content/photography Salah satu lokasi yang bisa dinikmati di Turtle Bay Resort

Di resort ini juga digelar pesta Fire and Ice Gala untuk perayaan Hari Valentine, yang kurang lebih berupa sajian makan malam romantis dengan iringan live music. Lalu, sudah jauh-jauh ke Hawaii, jajal juga sensasi berkuda berdua di atas pasir putih pantai Oahu.

Pilihan lokasi lain di luar negeri yang bisa disambangi dengan budget terukur adalah Korea Selatan. K-drama yang penuh cerita romantis, sudah cukup menjadi salah satu alasan negara ini layak jadi tujuan piknik berdua.

Telusuri saja lokasi-lokasi romantis yang pernah muncul di film dan serial dari Korea Selatan, bila butuh referensi awal.  N Seoul Tower, misalnya.

Dari puncak menara ini, pemandangan Kota Seoul terhampar. Suasana romantis bakal terasa kental di ketinggian, saat gelap malam dihiasi kelap-kelip lampu dari pusat kota.

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
PenulisCahyu Cantika Amiranti
EditorPalupi Annisa Auliani
Komentar