Seperti Ini Destinasi Wisata Akhir Pekan Orang Sydney - Kompas.com

Seperti Ini Destinasi Wisata Akhir Pekan Orang Sydney

Silvita Agmasari
Kompas.com - 19/05/2017, 19:13 WIB
Kompas.com/Silvita Agmasari Pengunjung menunggu tibanya kereta dengan jalur terdalam di dunia, Railway Scenic di Australia.
 
 
LEURA, KOMPAS.com - Iklim di Sydney yang cenderung hangat dengan suasana metropolitan membuat warganya memilih 'melarikan' diri di akhir pekan. Wisata ke daerah Katoomba dan Leura di kawasan Blue Mountains menjadi pilihan berwisata yang biasa dilakukan warga Sydney. Maklum, jaraknya terbilang dekat. Sekitar dua jam berkendara atau naik kereta dari pusat Kota Sydney.
 
"Di sini (Leura) kalau musim libur selalu penuh. Waktu terbaik ya sepanjang tahun karena kalau musim dingin di sini ada salju. Kalau musim panas tak terlalu panas, dan kalau musim gugur atau musim semi ada pohon-pohon berbagai warna," jelas Director of Sales and Marketing Fairmont Resort Blue Mountains, Thomas Brand, Selasa (18/4/2017).
 
Blue Mountains sejatinya adalah daerah taman nasional di New South Wales dengan kontur pegunungan. Udara sejuk dan salju di musim dingin menjadi daya tarik tersendiri bagi penduduk Sydney yang berada di daerah pesisir. 
 
Kompas.com/Silvita Agmasari Pemandangan Blue Mountains dari Echo Point, Katoomba, New South Wales, Australia.
 
KompasTravel dalam perjalanan media bersama Golden Rama Tours & Travel sempat menjelajah dua kota di kawasan Blue Mountain yang paling populer untuk berwisata, yakni Katoomba dan Leura. Katoomba dahulu adalah kota bagi para penambang batu bara.
 
Seiring zaman, kota ini berubah menjadi kota wisata yang terkenal dengan jalur kereta terdalam di dunia, yang kini dikenal dengan nama Scenic Railway. Destinasi wisata lain yang paling terkenal di Katoomba adalah Echo Point, spot untuk melihat pemandangan tiga bukit batu pasir. Ada juga tiga pilar batu yakni Three Sisters yang dipercaya Suku Aborigin sebagai legenda. 
 
Dari Katoomba, perjalanan dilakukan ke Leura, sebuah kota kecil dengan nuansa Eropa yang kental. Perjalanan ditempuh selama 40 menit berkendara dari Katoomba. Faimont Resort Blue Mountains terkenal sebagai akomodasi wisata terbesar di wilayah ini, dengan pemandangan bukit hijau, daun berguguran, dan danau yang tenang.
 
Kompas.com/Silvita Agmasari Bangunan kantor pos di Kota Leura, New South Wales.
 
Jika ingin ke pusat kota Leura, hanya perlu waktu sekitar 10 menit berkendara dari Fairmont Resort. Anda juga hanya perlu 15 menit berkeliling pusat Kota Leura. Kota ini sejatinya sangat kecil dengan luas 100 kilometer dan jumlah penduduk kurang dari 5.000 orang. 
 
Namun Leura punya pesona tersendiri. Bangunan dengan arsitektur gaya Eropa, suasana yang tenang, warga yang ramah, dan kuliner yang luar biasa lezat. Contohnya pabrik cokelat kecil Josophan's Fine Chocolate yang telah memasok cokelat ke banyak tempat di Sydney dan Leura Garage, restoran dengan hidangan kaki domba yang fantastis.
 
Untuk berkunjung ke Katoomba dan Leura, terdapat kereta langsung dari stasiun pusat Kota Sydney, Central, ke stasiun Katoomba atau Leura. Harga tiket berkisar 8,3 dollar Australia atau setara Rp 83.000. Rasakan waktu yang berjalan begitu lambat, suasana tenang, dan udara yang bebas polusi di kawasan Blue Mountains, New South Wales.

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
PenulisSilvita Agmasari
EditorSri Anindiati Nursastri
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM