Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daftar 10 Destinasi Luar Negeri Murah untuk Liburan Keluarga

Kompas.com - 07/04/2024, 07:44 WIB
Zeta Zahid Yassa,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Liburan bersama keluarga bisa jadi momen yang dinanti-nanti, tidak hanya di destinasi domestik tapi juga destinasi internasional. Tidak hanya itu, destinasi yang dipilih pun sebaiknya yang aman. 

Pada Senin (1/4/2024), operator pengelola apartemen sewa di Dubai, Deluxe Holiday Homes meluncurkan hasil studi soal destinasi internasional yang murah dan aman untuk keluarga. 

Baca juga: Wisata Panorama di Boyolali, Surganya Wisata Air yang Murah dan Pas untuk Keluarga

Menurut juru bicara dari operator tersebut, meningkatnya konflik di dunia membuat keamanan jadi prioritas keluarga saat merencanakan perjalanan mereka.

"Kami melihat semakin banyak keluarga yang bertanya tentang keamanan pilihan akomodasi mereka, bahkan di negara-negara yang secara tradisional dianggap aman. Pergeseran ini mengarah pada permintaan yang lebih tinggi untuk destinasi yang dikenal dengan stabilitas dan tingkat kejahatan yang rendah," jelas juru bicara tersebut lewat keterangan resmi yang diterima Kompas.com, Senin (1/4/2024).

Adapun penghitungan terjangkaunya suatu destinasi dilihat berdasarkan beberapa aspek, antara lain rata-rata tarif kamar untuk keluarga dan biaya makan. Data ini belum ditambah tarif tiket transportasi dari dan ke destinasi tersebut.

Baca juga:

Destinasi wisata di luar negeri yang murah

1. Rumania

Ilustrasi bangunan di Sighi?oara, Rumania.Dok. Unsplash/Alisa Anton Ilustrasi bangunan di Sighi?oara, Rumania.

Rumania berada di urutan pertama sebagai destinasi wisata luar negeri yang paling terjangkau, sekaligus aman. Skor gabungannya adalah 74,7. 

Biaya kamar untuk keluarga yang terdiri dari empat orang mulai 135 dollar Amerika Serikat (AS) atau sekitar 2,1 juta, sedangkan biaya makan di luarnya mulai 35 dollar AS atau sekitar Rp 556.000.

Dengan demikian, total biaya yang dikeluarkan untuk liburan di Rumania untuk keluarga mulai 170 dollar AS atau sekitar Rp 2,7 juta.

2. Republik Ceko

Panorama Praha, Ceko.UNSPLASH/DMITRY GOYKOLOV Panorama Praha, Ceko.

Republik Ceko, dengan skor 68,8, berada di urutan kedua. Skor tingkat keamanan di negara ini lebih tinggi dibandingkan Rumania yakni 74,5.

Total biaya kamar keluarga dan makan di luar untuk empat orang anggota keluarga sedikit lebih tinggi dari Rumania yaitu mulai 264 dollar AS atau sekitar Rp 4,2 juta.

3. Kroasia

Ilustrasi Kota Dubrovnik di Kroasia.Dok. Unsplash/Marko Hankkila Ilustrasi Kota Dubrovnik di Kroasia.

Destinasi ketiga yang dinilai terjangkau dan aman untuk liburan keluarga adalah Kroasia, dengan skor 67,7.

Negara ini memiliki skor tingkat keamanan tertinggi di antara negara-negara dalam daftar yakni 75,9. Bila dikombinasikan dengan rata-rata biaya akomodasi keluarga dan makan di luar, totalnya mulai dari 303 dollar AS (sekitar Rp 4,8 juta).

Baca juga:

4. Finlandia

Ilustrasi Finlandia - Pemandangan Kota Savonlinna.SHUTTERSTOCK/Vitaly Titov Ilustrasi Finlandia - Pemandangan Kota Savonlinna.

Finlandia berada di urutan keempat dengan skor gabungan 64,9. Skor tingkat keamanannya juga di atas Rumania yaitu 71,2.

Biaya untuk berwisata di Finlandia, termasuk rata-rata tarif kamar keluarga dan makan di luar, bisa mencapai 338 dollar AS (sekitar Rp 5,3 juta).

5. Portugal

Ilustrasi pantai di Algarve, Portugal.Dok. Unsplash/Ioana Mohanu Ilustrasi pantai di Algarve, Portugal.

Negara yang paling banyak dicari dalam daftar, Portugal, berada di peringkat kelima.

Portugal menawarkan pilihan yang lebih terjangkau untuk menginap dan makan di luar daripada Finlandia dan Kroasia, meskipun tingkat keamanannya sedikit lebih rendah dengan skor 69,4.

Secara keseluruhan, biaya makan dan rata-rata kamar keluarga di Portugal mulai 302 dollar AS (sekitar Rp 4,7 juta).

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com