Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Daftar 10 Destinasi Luar Negeri Murah untuk Liburan Keluarga

KOMPAS.com - Liburan bersama keluarga bisa jadi momen yang dinanti-nanti, tidak hanya di destinasi domestik tapi juga destinasi internasional. Tidak hanya itu, destinasi yang dipilih pun sebaiknya yang aman. 

Pada Senin (1/4/2024), operator pengelola apartemen sewa di Dubai, Deluxe Holiday Homes meluncurkan hasil studi soal destinasi internasional yang murah dan aman untuk keluarga. 

Menurut juru bicara dari operator tersebut, meningkatnya konflik di dunia membuat keamanan jadi prioritas keluarga saat merencanakan perjalanan mereka.

"Kami melihat semakin banyak keluarga yang bertanya tentang keamanan pilihan akomodasi mereka, bahkan di negara-negara yang secara tradisional dianggap aman. Pergeseran ini mengarah pada permintaan yang lebih tinggi untuk destinasi yang dikenal dengan stabilitas dan tingkat kejahatan yang rendah," jelas juru bicara tersebut lewat keterangan resmi yang diterima Kompas.com, Senin (1/4/2024).

Adapun penghitungan terjangkaunya suatu destinasi dilihat berdasarkan beberapa aspek, antara lain rata-rata tarif kamar untuk keluarga dan biaya makan. Data ini belum ditambah tarif tiket transportasi dari dan ke destinasi tersebut.

Rumania berada di urutan pertama sebagai destinasi wisata luar negeri yang paling terjangkau, sekaligus aman. Skor gabungannya adalah 74,7. 

Biaya kamar untuk keluarga yang terdiri dari empat orang mulai 135 dollar Amerika Serikat (AS) atau sekitar 2,1 juta, sedangkan biaya makan di luarnya mulai 35 dollar AS atau sekitar Rp 556.000.

Dengan demikian, total biaya yang dikeluarkan untuk liburan di Rumania untuk keluarga mulai 170 dollar AS atau sekitar Rp 2,7 juta.

Republik Ceko, dengan skor 68,8, berada di urutan kedua. Skor tingkat keamanan di negara ini lebih tinggi dibandingkan Rumania yakni 74,5.

Total biaya kamar keluarga dan makan di luar untuk empat orang anggota keluarga sedikit lebih tinggi dari Rumania yaitu mulai 264 dollar AS atau sekitar Rp 4,2 juta.

Destinasi ketiga yang dinilai terjangkau dan aman untuk liburan keluarga adalah Kroasia, dengan skor 67,7.

Negara ini memiliki skor tingkat keamanan tertinggi di antara negara-negara dalam daftar yakni 75,9. Bila dikombinasikan dengan rata-rata biaya akomodasi keluarga dan makan di luar, totalnya mulai dari 303 dollar AS (sekitar Rp 4,8 juta).

Finlandia berada di urutan keempat dengan skor gabungan 64,9. Skor tingkat keamanannya juga di atas Rumania yaitu 71,2.

Biaya untuk berwisata di Finlandia, termasuk rata-rata tarif kamar keluarga dan makan di luar, bisa mencapai 338 dollar AS (sekitar Rp 5,3 juta).

Negara yang paling banyak dicari dalam daftar, Portugal, berada di peringkat kelima.

Portugal menawarkan pilihan yang lebih terjangkau untuk menginap dan makan di luar daripada Finlandia dan Kroasia, meskipun tingkat keamanannya sedikit lebih rendah dengan skor 69,4.

Secara keseluruhan, biaya makan dan rata-rata kamar keluarga di Portugal mulai 302 dollar AS (sekitar Rp 4,7 juta).

Belanda berada di peringkat ke-6 dalam daftar, dengan skor gabungan 63,7.

Negara ini menarik bagi keluarga karena keamanan yang diberikannya, sekaligus menjadi negara yang paling banyak dicari ketiga untuk liburan.

Namun, rata-rata tarif kamar untuk keluarga di Belanda disebut yang tertinggi dalam daftar yaitu mulai 300 dollar AS (sekitar Rp 4,7 juta). Secara keseluruhan, biaya liburan di negara tersebut mulai 366 dollar AS (sekitar Rp 5,8 juta).

Spanyol menempati posisi ketujuh dalam daftar destinasi luar negeri yang terjangkau dan aman untuk keluarga. Skor keseluruhannya pun 63,3.

Spanyol memiliki banyak pilihan akomodasi keluarga dengan harga tinggi, tapi ada juga yang menawarkan harga yang terjangkau. 

Adapun tarif rata-rata kamar untuk keluarga mulai 239 dollar AS (sekitar Rp 3,7 juta), sedangkan biaya makan di luar untuk keluarga mulai 52 dollar AS (sekitar Rp 826.163). Total biaya liburan keluarga di Spanyol mulai 292 dollar AS (sekitar Rp 4,6 juta).

Jerman, dengan skor 61,6, ada di urutan kedelapan dalam daftar destinasi terjangkau nan aman untuk liburan keluarga.

Daya tariknya didasarkan pada perpaduan antara keamanan dan ketersediaan akomodasi keluarga yang tinggi, dengan biaya akomodasi dan makan di luar yang lebih rendah.

Tarif rata-rata kamar untuk keluarga mulai 251 dollar AS (sekitar Rp 3,9 juta), dengan biaya makan mulai 52 dollar AS (sekitar Rp 826.163). Adapun tarif total liburan keluarga di Jerman mulai 303 dollar AS (sekitar Rp 4,8 juta).

Berada di posisi kesembilan dalam daftar destinasi murah dan aman untuk liburan keluarga, Malta memiliki skor komposit 57,5.

Bahkan dengan pilihan akomodasi keluarga yang paling sedikit dalam daftar, Malta masih memiliki daya tarik. Total biaya liburan untuk keluarga di negara ini mulai 357 dollar AS (sekitar Rp 5,6 juta).

Belgia melengkapi daftar destinasi terjangkau dan aman untuk perjalanan keluarga, bahkan dengan skor keamanan paling rendah di antara negara yang ada dalam daftar yaitu 54,6. 

Berlibur di Belgia akan menghabiskan sekitar 359 dollar AS (sekitar Rp 5,7 juta) untuk menginap di kamar keluarga dan makan di luar untuk keluarga.

Metodologi

Sebagai informasi, destinasi yang berada dalam daftar tersebut diurutkan berdasarkan destinasi di Eropa yang paling banyak dicari di Google Flight.

Studi ini kemudian mengevaluasi tingkat keamanan, jumlah kamar keluarga yang tersedia di situs web booking.com, rata-rata biayar kamar untuk keluarga, dan harga makan di luar untuk keluarga beranggotakan empat orang.

Selanjutnya negara-negara tersebut diberi peringkat berdasarkan skor gabungan yang dihitung dari tingkat keamanan dan biaya keseluruhan, masing-masing memiliki bobot 50 persen.

https://travel.kompas.com/read/2024/04/07/074400727/daftar-10-destinasi-luar-negeri-murah-untuk-liburan-keluarga

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke