Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Santai di Danau Setu Babakan, Wisata Murah Meriah di Jakarta Selatan

Kompas.com - 29/12/2023, 17:15 WIB
Suci Wulandari Putri Chaniago,
Nabilla Tashandra

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sedang mencari tempat wisata murah meriah di Jakarta Selatan? Main ke Danau Setu Babakan bisa jadi pilihan.

Salah satu pintu masuknya bisa diakses dari gerbang Perkampungan Budaya Betawi.

Tepatnya di Jalan Situ Babakan Nomor 47, Srengseng Sawah, Kecamatan Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan.

Dengan lokasi yang cukup menepi dari kawasan gedung tinggi perkotaan, maka tidak heran suasana di sekitar danau terasa tenang layaknya di pedesaan.

Baca juga: Tahun Baruan di Setu Babakan, Ada Pertunjukan Ondel-ondel dan Keroncong

Pada Jumat (29/12/2023) sekitar pukul 11.30 WIB Kompas.com berkesempatan mampir ke kawasan Danau Setu Babakan. Siang itu kawasan danau terpantau sepi, hanya ada sebagian kecil masyarakat yang lalu lalang di tepi danau.

"Biasanya di sini ramai akhir pekan, hari Sabtu dan Minggu. Tapi kalau pekan ini sepertinya akan ramai selama tiga hari, sampai hari Senin, karena ada acara malam tahun baru," ujar salah satu pedagang makanan khas Betawi, Ida, kepada Kompas.com di lokasi, Jumat (29/12/2023).

Ida menuturkan, khusus akhir pekan kawasan Danau Setu Babakan biasanya mulai ramai pada pagi hari oleh masyarakat yang hendak olahraga.

Kawasan Setu Babakan, Perkampungan Budaya Betawi, Jakarta Selatan, Jumat (29/12/2023). Kompas.com/ Suci Wulandari Putri Kawasan Setu Babakan, Perkampungan Budaya Betawi, Jakarta Selatan, Jumat (29/12/2023).

Menjelang siang, lanjutnya, di sekitar kawasan danau akan ramai oleh pedagang makanan, dan masyarakat biasanya akan berburu kuliner sembari duduk santai di pingin danau.

"Di sini sudah ramai dari pagi, soalnya banyak yang olahraga, baru siang hari bakal ramai orang-orang berbelanja. Kawasan di sini tidak terbuka untuk pengunjung sampai malam, paling sampai pukul 17.00 WIB (batas waktu kunjungan), " tuturnya.

Baca juga: 4 Titik Perayaan Tahun Baru di Jakarta, Ada Pesta Kembang Api

Hal serupa dituturkan oleh Yogi, seorang pedagang gulali jadul di tepi Danau Setu Babakan.

Kata Yogi, Danau Setu Babakan cocok dikunjungi oleh wisatawan pada akhir pekan. Pasalnya pada saat itu banyak pedagang yang menjajakan dagangan karena suasana ramai, sehingga wisatawan punya lebih banyak opsi kuliner yang dicoba.

"Sabtu dan Minggu biasanya ramai di sini, " kata Yogi kepada Kompas.com sembari membentuk gulali jadul di tepi danau, Jumat.

Wisata murah meriah di Jakarta Selatan

Kawasan Danau Setu Babakan terbuka untuk umum dan tidak ada biaya masuk yang perlu dibayar.

Maka dari itu tempat ini cocok dikunjungi jika mencari spot wisata murah meriah di Jakarta Selatan.

Menurut pantauan Kompas.com, di sepanjang tepian danau dari arah pintu masuk Perkampungan Budaya Betawi, terdapat jajararan gerai hingga pedagang kaki lima yang menjual kuliner khas Betawi.

Baca juga: Natal dan Tahun Baru, 12 Museum di Jakarta Tutup Sementara

Beberapa di antaranya ada kerak telor, laksa, toge goreng, es potong, kue rangi, otak-otak, soto betawi, dodol, kembang loyang, dan ada bir pletok.

Selain kuliner, ada pula oleh oleh berupa batik khas Betawi, baju, celana, aneka permainan jadul, hingga boneka ondel-ondel.

Harga yang ditawarkan pun relatif terjangkau, yakni mulai dari Rp 5.000 untuk jajanan seperti es potong, kue rangi, dan gulali jadul. Sementara mulai dari Rp 15.000 untuk seporsi laksa, toge goreng, hingga dodol berukuran besar.

Jika hendak duduk santai di tepi danau dengan alas duduk yang lebih nyaman, pengunjung bisa memesan makanan di salah satu gerai yang sekaligus menyediakan tempat duduk.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com