Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara ke Gereja Sion, Gereja Tertua di Jakarta, Naik KRL dan TransJakarta

Kompas.com - 29/12/2023, 09:14 WIB
Suci Wulandari Putri Chaniago,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Gereja Protestan Indonesia Barat (GPIB) Sion ialah salah satu gereja tertua di Jakarta yang masih difungsikan sebagai rumah ibadah.

Berdasarkan informasi dari pemerhati gedung bersejarah Alfrits E Nayoan, pada abad ke-17 setidaknya ada sekitar enam gereja yang dibangun umat Kristen Protestan dan salah satunya adalah gereja Sion.

"Peletakan batu pertama Gereja Sion pada 19 Oktober 1693, lalu diresmikan pada 23 Oktober 1695," kata Alfrits saat ditemui di Gereja Sion, Minggu (24/12/2023).

Baca juga: Panduan Berkunjung ke Gereja Sion, Gereja Tertua di Jakarta

Menurut Alfrits, Gereja Sion tidak hanya terbuka untuk umat Kristen yang mau beribadah, tetapi juga untuk masyarakat umum yang hendak berkunjung ke gedung bersejarah.

Lokasinya ada di Jalan Pangeran Jayakarta Nomor 1, RT 09, RW 04, Keluarahan Pinangsia, Kecamatan Tamansari, Jakarta Barat.

Selain naik kendaraan pribadi, kamu juga bisa datang ke Gereja Sion naik transportasi umum, dalam hal ini yaitu KRL Commuterline dan bus Transjakarta. Simak panduannya berikut ini.

Cara ke Gereja Sion naik KRL

Stasiun KRL terdekat dari Gereja Sion yaitu Stasiun Jakarta Kota. Jaraknya sekitar 700 meter dan bisa ditempuh dengan jalan kaki sekitar 10 menit.

Calon pengunjung yang naik KRL dari arah Bogor, Nambo, Depok, dan Manggarai, bisa menumpangi KRL tujuan Jakarta Kota dan turun di stasiun akhir.

KRL di Stasiun Jakarta Kota.KOMPAS.com/NABILLA TASHANDRA KRL di Stasiun Jakarta Kota.

Jika datang dari arah Cikarang, Bekasi, dan Jatinegara, bisa naik KRL tujuan Stasiun Manggarai, setelah itu transit naik KRL tujuan Stasiun Jakarta Kota.

Sementara calon pengunjung yang datang dari arah Rangkasbitung dan Tangerang Selatan, bisa naik KRL ke Stasiun Tanah Abang dahulu. Di Stasiun Tanah Abang transit menuju Stasiun Mangagarai, dari Stasiun Manggarai transit kembali naik KRL tujuan Stasiun Jakarta Kota.

Baca juga: 5 Gereja untuk Natalan di Jakarta, Ada yang Pakai Gamelan

Sedangkan calon pengunjung yang datang dari arah Tangerang, bisa naik KRL ke Stasiun Duri dahulu. Di Stasiun Duri transit naik KRL tujuan Stasiun Kampung Bandan, di Stasiun Kamping Bandung transit kembali naik KRL tujuan Stasiun Jakarta Kota.

Cara ke Gereja Sion naik bus Transjakarta

Halte bus Transjakarta terdekat dari Gereja Sion yaitu Halte Pangeran Jayakarta, jarak kedua lokasi ini sekitar 120 meter dan bisa ditempuh dengan jalan kaki sekitar lima menit.

Adapun bus Transjakarta yang melayani penumpang di Halte Pangerang Jayakarta yaitu Transjakarta koridor 12 (Pluit-Tanjung Priok) dan Transjakarta koridor 12B (Senen- Pluit).

Bagian dalam Gereja Sion, gereja pertama di Indonesia, Jakarta Barat, Minggu (24/12/2023).Kompas.com/ Suci Wulandari Putri Bagian dalam Gereja Sion, gereja pertama di Indonesia, Jakarta Barat, Minggu (24/12/2023).

Bus Transjakarta koridor 12 berangkat dari Pluit, kemudian akan singgah dan melayani penumpang di halte: Landmark Auto Plaza, Pakin, Gedong Panjang, Museum Fatahillah, Kota, lalu akan tiba di Halte Pangeran Jayakarta.

Sebaliknya jika menumpangi bus dari arah Tanjung Priok, bus koridor ini akan melayani penupampang di halte: Enggano, Permai Koja, Walikota Jakarta Utara, Plumpang Pertamina, Sunter Kelapa Gading, Sunter Boulevard Barat, Sunter Karya, SMP 140, Danau Agung, Kemayoran Landasan Pacu Timur, Gunung Sahari Mangga Dua, Mangga Dua, dan tiba di Halte Pangeran Jayakarta.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com