Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jejak Sejarah Gereja Sion, Punya Lonceng Kuno dari Abad Ke-17

Kompas.com - 28/12/2023, 05:06 WIB
Suci Wulandari Putri Chaniago,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Tahukah kamu, di Jakarta ada gereja tertua yang hingga saat ini masih beroperasi melayani jemaat. Namanya Gereja Protestan Indonesia Bagian Barat (GPIB) Sion.

Belum lama ini Kompas.com berkesempatan ikut tur wisata bersama komunitas Wisata Kreatif Jakarta (WKJ) dengan rute tur ke beberapa gereja unik di Jakarta. Termasuk ke Gereja Sion, Jakarta Barat.

Baca juga:

"Asal nama gereja ini ialah De Nieuwe "Portugeesche Buitenkerk". Dinamakan demikian karena lokasi gereja terletak di luar tembok Kota Batavia," kata pemerhati sejarah Gereja Sion, Alfrits E. Nayoan saat ditemui di Gereja Sion, Minggu (24/12/2023).

Foto Gereja Sion pada tahun 1919 sebelum atap gedung direnovasi pada 1920, di Gereja Sion, Jakarta Barat, Minggu (24/12/2023).Kompas.com/ Suci Wulandari Putri Foto Gereja Sion pada tahun 1919 sebelum atap gedung direnovasi pada 1920, di Gereja Sion, Jakarta Barat, Minggu (24/12/2023).

Alfrits menambahkan, menurut catatan sejarah, diketahui pada abad ke-17 telah dibangun tidak kurang dari enam gereja, salah satunya Gereja Sion.

Peletakkan batu pertama gereja ini dilakukan oleh putra Gubernur Jenderal Willem Van Horn, bernama Pieter Van Horn pada 19 Oktober 1693.

Kemudian, dua tahun setelahnya gedung gereja diresmikan, tepatnya pada 23 Oktober 1695.

"Disebut gereja tertua karena dari semuanya (gereja yang didirikan sejak abad ke-17), yang masih ada hanya ini (Gereja Sion)," katanya.

Baca juga:

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Halaman:


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com